Kompas.com - 23/04/2018, 16:25 WIB
Koreografi pendukung Persija Jakarta atau The Jakmania dalam pertandingan kelima Grup H Piala AFC 2018 melawan Johor Darul Takzim di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/4/2018). GARRY ANDREW LOTULUNG/KOMPAS.COMKoreografi pendukung Persija Jakarta atau The Jakmania dalam pertandingan kelima Grup H Piala AFC 2018 melawan Johor Darul Takzim di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/4/2018).

KOMPAS.com - Sebanyak 1.500 The Jakmania dikabarkan akan berangkat ke Singapura. Mereka ingin memberikan dukungan secara langsung bagi Marko Simic dkk dalam perjuangan pada ajang Piala AFC.

Persija akan melakoni laga terakhir penyisihan Grup H di Negeri Singa. Mereka melawan Tampines Rovers di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (24/4/2018).

Laga tersebut sangat penting bagi Persija untuk bisa lolos ke fase selanjutnya. Skuad Macan Kemayoran membutuhkan tiga poin untuk memastikan diri menjadi juara Grup H.

(Baca Juga: Sikap Bali United Lebih Terpuji daripada Persija dan Persib soal Panggilan Timnas)

Kehadiran ribuan The Jakmania diucapkan langsung oleh pelatih Persija, Stefano Cugurra, dalam sesi jumpa pers jelang pertandingan. Pelatih yang akrab disapa Teco itu mengatakan kehadiran The Jakmania sangat penting.

"Besok suporter akan datang dari Indonesia," kata Teco di Singapura, Senin (23/4/2018).

"Saya tau stadion di sini kecil. Minimal 1.000 orang datang ke sini. Ini jadi motivasi buat kami," ucap pelatih asal Brasil tersebut.

Melihat dari data literatur, Stadion Jalan Besar hanya memiliki kapasitas 3.000 penonton. Jumlah tersebut sangat sedikit bagi The Jakmania yang selalu datang sekitar 60.000 ketika Persija berlaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Apalagi jarak Indonesia dengan Singapura terbilang dekat. Hal itu yang membuat Teco yakin The Jakmania pasti lebih banyak ketimbang suporter Tampines Rovers.

"Kami berharap The Jakmania juga datang untuk memberikan dukungan langsung kepada kami," kata Teco.

"Sebab tuan rumah hanya sekitar 1.000 suporter. Jadi kalau The Jakmania datang 1.500 orang, kami seperti bermain sebagai tuan rumah," ucap pelatih berusia 43 tahun tersebut. (Mochamad Hary Prasetya)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.