HUT Ke-88 PSSI, dari Tumpengan hingga Sanksi dari FIFA

Kompas.com - 20/04/2018, 18:05 WIB
PSSI menggelar tumpengan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (19/4/2018).
BOLASPORT.COMPSSI menggelar tumpengan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (19/4/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI) mengadakan acara sederhana untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-88 dengan tumpengan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (19/4/2018).

Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, mengatakan, acara ini memang digelar dengan cara sederhana. Ia tidak mau PSSI menggelar acara dengan terlalu mewah.

"Hari ini usia PSSI sudah 88 tahun dan kami rayakan sederhana karena esensinya sepak bola memang sederhana," kata Joko Driyono di Lapangan ABC, Kamis.

"Usia 88 tahun, lebih tua daripada negeri ini. PSSI memahami ada tantangan besar ke depan, harapan publik demi sepak bola yang baik dari negeri ini," ucap pria asal Ngawi itu.

Namun, di sisi lain, pada saat momen spesial tersebut, PSSI malah mendapatkan sanksi dari FIFA.

Baca juga : Kado Buruk Dunia Sepak Bola Indonesia pada HUT Ke-88 PSSI

Sanksi yang diberikan FIFA adalah denda sebesar CHF 30.000 atau sekitar Rp 427 juta karena gagal mengurangi poin dari enam klub yang berada di bawah naungannya. 

Hal itu terkait karena tindakan klub yang tak mampu menyelesaikan sengketa dengan pemain.

Namun, dalam laman resmi FIFA, belum disebut secara rinci enam klub yang dimaksudkan.

"PSSI menangani sekitar 40 kasus serupa pada 2011-2015. PSSI berusaha mendampingi klub untuk terhindar dari hukuman," tutur Joko Driyono kepada BolaSport.com, Kamis (19/4/2018).

Dalam usahanya tersebut, PSSI sukses membuat banyak klub terhindar dari hukuman.

Halaman:


Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X