Peran Besar Agen Ronaldo sehingga Wolves Promosi ke Premier League - Kompas.com

Peran Besar Agen Ronaldo sehingga Wolves Promosi ke Premier League

Kompas.com - 15/04/2018, 19:16 WIB
Pemain Manchester City, Oleksandr Zinchenko (kanan), berduel dengan pemain Wolverhampton Wanderers, Helder Costa, dalam laga babak keempat Piala Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, pada 24 Oktober 2017.ANTHONY DEVLIN/AFP Pemain Manchester City, Oleksandr Zinchenko (kanan), berduel dengan pemain Wolverhampton Wanderers, Helder Costa, dalam laga babak keempat Piala Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, pada 24 Oktober 2017.

KOMPAS.com - Wolverhampton Wanderers meraih tiket promosi ke Premier League, kasta tertinggi Liga Inggris, untuk musim depan. Ada peran besar dari super agen Cristiano Ronaldo, Jorge Mendes, dalam perjalanan Wolves.

Musim ini Wolverhampton atau lebih sering disebut Wolves, menjelma menjadi kekuatan menakutkan pada kompetisi kasta kedua Liga Inggris atau Divisi Championship.

Pekan ini, klub yang bermarkas di Stadion Molineux ini bahkan sudah memastikan promosi ke Liga Premier Inggris untuk musim depan. Tiket itu diraih setelah satu pesaing mereka, Fulham FC, bermain imbang melawan Brentford FC, Sabtu (14/4/2018).

Hasil ini membuat Fulham kini berada di urutan ketiga Divisi Championship dengan 82 poin. Mereka tak mungkin menyalip Wolves yang menyisakan empat laga dan kokoh di puncak klasemen Divisi Championship dengan raihan 92 poin.

(Baca Juga: Jose Mourinho Tanggapi Jarangnya Anthony Martial dan Marcus Rashford Bermain)

Wolves mulai bertransformasi menjadi tim yang cukup menjanjikan setelah diakuisisi oleh perusahaan China, Fosun Internasional, pada 2016.

Fosun Internasional semakin menunjukan keseriusannya untuk membangun Wolves setelah menunjuk super agen, Jorge Mendes, sebagai penasehat tim.

Dikutip BolaSport.com dari SkySports, kedekatan Fosun Internasional dan Mendes terjadi setelah perusahaan asal China ini membeli saham perusahaan milik Mendes, Gestifute.

Masuknya Mendes yang merupakan agen Ronaldo, tentu sangat menguntungkan Wolves karena pria asal Portugal ini memiliki jaringan pemain yang cukup luas, terutama yang berasal dari Portugal di bawah perusahaan agen miliknya, Gestifute.

Benar saja, masuknya Mendes langsung membuat Wolves sangat beraroma Portugal. Dia menunjuk mantan pelatih asal Portugal, Nuno Esperito Santo, yang pernah menangani FC Porto sebagai manajer Wolves awal musim ini.

Selain itu, Wolves kini juga memiliki tujuh pemain asal Portugal yaitu Ivan Cavaleiro, Ruben Neves, Helder Costa, Diogo Jota, Ruben Vinagre dan Pedro Goncalves.

Transfer Ruben Neves tentu menjadi yang paling menghebohkan dunia karena mantan pemain FC Porto ini sebelumnya diincar klub-klub besar seperti Liverpool dan Arsenal. Dia justru memilih Wolves yang hanya berlaga di kasta kedua Liga Inggris.

Sosok Mendes disebut memegang peranan sangat penting terhadap kedatangan Ruben Neves di Stadion Molienux. Wolves membelinya senilai 16 juta poundsterling.

Manuver Wolves bersama Mendes ternyata mulai mengusik para tim Liga Premier Inggris.

Dikutip BolaSport.com dari Telegraph, tim-tim Premier League mulai khawatir dengan Wolves yang memiliki keuntungan dalam bursa transfer dibanding tim lain karena ada sosok Mendes.

Mereka menyampaikan kekhawatirannya saat rapat pemegang saham tim, Jumat (14/4/2018) waktu Inggris. Sebelumnya, klub-klub Divisi Championship juga memprotes pengaruh Mendes yang sangat besar terhadap Wolves.

Pemilik Leeds United, Andre Radrizzani, menganggap Wolves melanggar regulasi A1 dari FA yang berbunyi: "Tidak ada klub yang dapat membuat perjanjian yang memungkinkan pihak manapun, selain klub itu sendiri untuk mempengaruhi kebijakan klub dalam masalah kinerja tim dan pemain."

Namun juru bicara Wolves membantah semua tuduhan tersebut. Dia mengatakan bahwa tim mereka selalu berusaha untuk mematuhi peraturan FA dan pihak Divisi Championship.

"Kami sangat jelas tentang peraturan FA dan Divisi Championship serta selalu berusaha mematuhi aturan yang ada. Kami menyambut segala bentuk komunikasi dari pihak Divisi Championship untuk menegaskan kembali posisi kami, dan kami sepenuhnya akan menindak lanjuti lebih lanjut himbauan mereka dan kami akan selalu berusaha untuk menyelesaikan masalah ini demi masa depan Wolves," ujar juru bicara Wolves.

Dengan segala kontroversi sejak diakuisisi oleh Fosun Internasional, menarik untuk melihat kiprah Wolves bersama dengan Mendes pada Premier League musim depan.

Apakah kekuatan finansial dan jaringan yang dimiliki Mendes mampu mengusik tim-tim kasta teratas Liga Inggris? (Putra Rusdi Kurniawan)

 


Komentar
Close Ads X