Lebih Cepat 4 Tahun, Wacana 48 Peserta Piala Dunia di Qatar 2022 - Kompas.com

Lebih Cepat 4 Tahun, Wacana 48 Peserta Piala Dunia di Qatar 2022

Kompas.com - 14/04/2018, 11:20 WIB
Presiden FIFA Gianni Infantino telah dikaitkan dengan skandal Panama Papers REUTERS/John Vizcaino Presiden FIFA Gianni Infantino telah dikaitkan dengan skandal Panama Papers

KOMPAS.com - Rencana Induk Federasi Sepak Bola Dunia ( FIFA) untuk menambah jumlah peserta di Piala Dunia kemungkinan besar bakal dipercepat.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino, setelah menghadiri pertemuan Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) di Buenos Aires, Argentina, pada Jumat (13/4/2018).

Pada awalnya, FIFA berencana untuk mengubah jumlah peserta Piala Dunia dari 32 menjadi 48 negara pada edisi 2026 yang belum ditentukan akan digelar di mana.

Namun, setelah menerima saran dan desakan dari Conmebol, Infantino pun membuka peluang untuk mempercepat rencana tersebut saat menggelar Piala Dunia 2022 di Qatar.

Baca Juga: Jose Mourinho Tanggapi Jarangnya Anthony Martial dan Marcus Rashford Bermain 

"Menurut saya, ini adalah ide yang sangat menarik. Kami harus mempelajarinya terlebih dahulu dengan serius dan jika memungkinkan, mengapa tidak?" ucap Infantino seperti dikutip BolaSport.com dari BBC.

"Saya benar-benar percaya bahwa hal ini sangat bagus dalam usaha mengembangkan sepak bola. Itulah mengapa kami mengusulkan hal ini dan setuju untuk melakukannya pada Piala Dunia 2026," tuturnya.

Baca Juga: Pasca Datangkan Dua Pemain Bali United, Eks Pilar Timnas Indonesia Gabung Persis Solo

Namun, hal ini bukan perkara mudah bagi Qatar sebagai tuan rumah. Pasalnya, jika negara peserta berubah menjadi 48, artinya mereka harus menyediakan lapangan pertandingan yang lebih banyak dan fasilitas-fasilitas penunjang lainnya. (Verdi Hendrawan) 


Komentar

Close Ads X