Juli, Niko Kovac Ganti Jupp Heynckes sebagai Pelatih Baru Bayern - Kompas.com

Juli, Niko Kovac Ganti Jupp Heynckes sebagai Pelatih Baru Bayern

Kompas.com - 13/04/2018, 19:12 WIB
Jupp Heynckes meraih penghargaan Pelatih Terbaik Dunia FIFA 2013 kategori Sepak Bola Pria atas kesuksesannya meraih treble winners bersama Bayern Muenchen pada musim 2012-2013. AFP / OLIVIER MORIN Jupp Heynckes meraih penghargaan Pelatih Terbaik Dunia FIFA 2013 kategori Sepak Bola Pria atas kesuksesannya meraih treble winners bersama Bayern Muenchen pada musim 2012-2013.

KOMPAS.com - Tim raksasa Jerman, Bayern Muenchen, mengumumkan nama pelatih baru untuk menggantikan Jupp Heynckes pada musim depan. Niko Kovac menjadi suksesor.

Heynckes ingin segera menikmati masa pensiunnya. Oleh karena itu, Bayern langsung mencari suksesor pelatih berumur 76 tahun tersebut.

Direktur Olahraga, Hasan Salihamidzic, mengungkapkan bahwa Kovac akan menjadi pelatih FC Hollywood pada bulan Juli mendatang.

"Niko Kovac akan menjadi pelatih baru FC Bayern sejak 1 Juli 2018. Kami sudah setuju untuk mengontraknya selama tiga tahun," kata Salihamidzic seperti yang dilansir dari The Guardian.

(Baca Juga: AS Roma Harus Siap Hadapi Jet Lag 35 Tahun di Babak Semifinal Liga Champions)

Pelatih asal Kroasia berusia 46 tahun itu mengawali karier kepelatihan bersama tim akademi Red Bull Salzburg pada 2009 sebelum menjadi asisten pelatih pada 2011.

Satu tahun kemudian, Kovac dipercaya Asosiasi Sepak Bola Kroasia (HNS) untuk menangani timnas U-21 sebelum diangkat menjadi pelatih tim senior pada 2013 hingga 2015.

Jelang akhir 2015-2016, Kovac dipercaya Frankfurt menjadi pelatih tim utama menggantikan Armin Veh yang hampir membawa klub berjulukan Die Adler itu terdegradasi. Kovac berhasil mengangkat Frankfurt dengan meraih 5 menenangan dalam 9 laga sisa di Liga Jerman.

Die Adler lolos dari jurang degradasi setelah memenangi laga play-off degradasi menghadapi Nuernberg dengan skor 2-1 secara agregat.

Dalam dua musim terakhir, Kovac berhasil mengubah Frankfurt menjadi tim yang menakutkan.

Setelah musim lalu hanya finis di peringkat ke-11, kini Die Adler mampu bersaing di papan atas klasemen untuk berebut satu tiket ke Liga Champions musim depan!

Frankfurt, yang hingga pekan ke-29 Liga Jerman 2017-2018 masih duduk di posisi ke-5 dengan 46 poin, kini hanya terpaut dua angka dari Bayer Leverkusen dan tertinggal 5 poin dari Borussia Dortmund untuk berebut satu tiket ke Liga Champions musim depan.

Dengan pembuktian tersebut, membuat Kovac dipandang layak untuk menjadi pelatih Bayern.


Komentar

Close Ads X