Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Perluasan Stadion Old Trafford Batal

Kompas.com - 13/04/2018, 09:40 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Rencana manajemen Manchester United untuk melakukan ekspansi atau perluasan Stadion Old Trafford kembali batal.

Bukan faktor finansial penyebabnya, tetapi hal tersebut urung dilakukan akibat dipandang terlalu rumit.

Untuk kali ketiga dalam 10 tahun terakhir, Manchester United berencana mengekspansi Stadion Old Trafford, khususnya Sir Bobby Charlton Stand atau sisi selatan, yang merupakan tribune utama.

Hal ini menjadi salah satu cita-cita Manchester United untuk memenuhi ambisi menjadikan Old Trafford memiliki kapasitas sebesar 80.000 penonton atau sebagai stadion milik klub dengan kapasitas terbesar di Inggris.

Baca Juga: Pemain yang Pernah Dikalahkan Evan Dimas cs Ini Singkirkan Lazio dari Liga Europa

Namun, lagi-lagi hal tersebut batal dilakukan karena tingkat kerumitan yang sangat tinggi dalam hal konstruksi.

Hal ini disebabkan oleh adanya beberapa kendala yang membuat manajemen Manchester United hingga saat ini belum menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Beberapa hal tersebut adalah jalur kereta api yang membentang tepat di belakang tribune Sir Bobby Charlton Stand dan adanya area perumahan di seberang lintasan jalur kereta api tersebut.

Hal lain yang membuat rencana ini menjadi lebih rumit adalah pembangunan tribune utama tersebut membuat Manchester United harus mengosongkan stadion dan mengungsi ke venue lain.

"Rencana ini adalah tantangan desain pembangunan yang sangat rumit untuk dilaksanakan," kata Managing Director Manchester United, Richard Arnold, seperti dikutip BolaSport.com dari BBC.

"Selain itu, rencana ini juga akan memakan waktu selama beberapa tahun dan tidak ada cara yang pasti untuk bisa melakukannya tanpa membuat kami yang kehilangan tempat bertanding," tuturnya.

Baca Juga: Jawaban Sinis Diego Simeone soal Komentar Keberhasilan AS Roma Menyingkirkan Barcelona

Artinya, dengan minimnya pilihan yang ada di Manchester untuk menggelar pertandingan yang layak di Liga Inggris mau pun Liga Champions, Manchester United harus meminta izin kepada Manchester City untuk menjadikan Stadion Etihad sebagai kandang bersama untuk beberapa musim ke depan.

Berbeda dengan Tottenham Hotspur yang kini tengah membangun stadion baru di lokasi yang sama dengan White Hart Lane dan mereka bisa mengungsi sementara waktu ke Stadion Wembley tanpa mengganggu "rumah" klub lain.

Mulai musim depan, kapasitas di Stadion Old Trafford pun akan berkurang dari 75.000 menjadi 73.300 untuk mengakomodasi jumlah fans penyandang disabilitas yang lebih tinggi. (Verdi Hendrawan) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com