Real Madrid dan Penalti di Santiago Bernabeu

Kompas.com - 12/04/2018, 09:33 WIB
Tembakan penalti Cristiano Ronaldo yang melesat masuk gawang Juventus untuk membawa Real Madrid lolos ke semifinal Liga Champions setelah partai di Santiago Bernabeu, Madrid, 11 April 2018.
PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFPTembakan penalti Cristiano Ronaldo yang melesat masuk gawang Juventus untuk membawa Real Madrid lolos ke semifinal Liga Champions setelah partai di Santiago Bernabeu, Madrid, 11 April 2018.

MADRID, KOMPAS.com — Raksasa Spanyol, Real Madrid, kerap diuntungkan oleh tendangan penalti saat bermain di Stadion Santiago Bernabeu pada ajang Liga Champions.

Real Madrid menjamu Juventus pada leg kedua Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Kamis (12/4/2018) dini hari WIB, dengan modal keunggulan 3-0 pada laga leg pertama di markas Juventus.

Namun, keunggulan agregat Real Madrid seketika hilang ketika Juventus mampu mencetak tiga gol dalam satu jam.

Juventus mampu mencetak tiga gol lewat Mario Mandzukic (menit ke-2 dan 37') serta Blaise Matuidi (60') dan menyamakan agregat 3-3.

Baca juga: Pep Guardiola: Lihat Barcelona Hari Ini!

Ketika laga sepertinya akan dilanjutkan ke perpanjangan waktu, wasit Michael Oliver menunjuk titik putih pada masa tambahan waktu babak kedua setelah Lucas Vazquez dilanggar Medhi Benatia di kotak penalti.

Tendangan penalti kemudian sukses dieksekusi oleh Cristiano Ronaldo dan membuat El Real unggul agregat 4-3 untuk memastikan langkah ke babak semifinal.

Gol Cristiano Ronaldo ke gawang Juventus membuat Real Madrid telah mendapatkan empat kali tendangan penalti pada ajang Liga Champions musim ini dan semuanya diberikan di Stadion Santiago Bernabeu.

Selain saat bertemu Juventus, tiga hadiah penalti lainnya yang diberikan wasit kepada Real Madrid terjadi pada laga kontra PSG, Tottenham Hotspur, dan APOEL.

Fakta ini menunjukkan bahwa Real Madrid punya kecenderungan lebih banyak mendapatkan hadiah penalti di Liga Champions saat bermain di kandang daripada saat menjalani laga tandang.

Keempat hadiah penalti ini semuanya sukses dieksekusi menjadi gol oleh Cristiano Ronaldo.

Selain itu, Real Madrid juga hanya kalah sekali saat mendapatkan tendangan penalti, yakni pada laga kontra Juventus di leg kedua perempat final ini.

Namun, kekalahan itu pun menjadi tak berarti karena Madrid tetap lolos ke semifinal.

Dalam tiga pertandingan lain saat Real Madrid mendapatkan penalti, mereka menang atas PSG (3-1) dan APOEL (3-0) serta imbang dengan Tottenham (1-1).

Fakta ini tentu harus membuat bek lawan lebih berhati-hati lagi di dalam kotak penalti saat berhadapan dengan Real Madrid di Santiago Bernabeu pada ajang Liga Champions. (Putra Rusdi Kurniawan)

 



Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X