Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Menarik Roma Vs Barcelona, 2 Pencetak Gol Bunuh Diri Bangkit

Kompas.com - 11/04/2018, 04:46 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Jalu Wisnu Wirajati

Tim Redaksi

ROMA, KOMPAS.com - AS Roma berhasil mengalahakan Barcelona pada laga kedua perempat final Liga Champions dengan skor 3-0 di Stadion Olimpico, Selasa (10/4/2018) atau Rabu dini hari WIB. Mereka pun lolos ke semifinal berkat agresivitas gol tandang. 

AS Roma berhasil unggul cepat pada babak pertama lewat gol Edin Dzeko pada menit ke-6. Pada babak kedua, tim berjulukan Serigala Ibu Kota menambah dua gol lewat Daniele De Rossi (58') dan Konstantinos Manolas (82'). 

Dua pemain AS Roma bangkit, from zero to hero. Setelah mencetak gol bunuh diri pada laga pertama di Camp Nou, De Rossi dan Kostas Manolas jadi penentu kemenangan Roma di Olimpico.

(Baca Juga: Daftar Tim Tersubur Liga Champions, Liverpool Nyaris 2 Kali Lipat Barcelona)

Dengan hasil ini, AS Roma berhak lolos ke semifinal kendati agregat sama kuat 4-4. AS Roma unggul agresivitas gol tandang setelah pada laga pertama berhasil mencetak satu gol saat kalah 1-4 di Camp Nou.

Berikut adalah lima fakta menarik pertandingan AS Roma vs Barcelona:

1 - Barcelona menjadi tim pertama yang bisa melaju dan tersisih setelah tertinggal dan unggul tiga gol. Musim lalu, mereka lolos ke perempat final Liga Champions dengan agregat 6-5 sekalipun kalah 0-4 pada laga pertama di kandang Paris Saint-Germain. 

2 - Daniele de Rossi menjadi pemain kedua yang mampu mencetak gol dan assist melawan Barcelona. Nama sebelumnya adalah pemain serbabisa Bayern Muenchen,Thomas Muller, pada tahun 2013.

3 - AS Roma menjadi tim ketiga yang berhasil lolos setelah tertinggal tiga gol pada pertemuan pertama fase gugur Liga Champions. Dua tim sebelumnya adalah Deportivo La Coruna yang sisihkan AC Milan pada musim 2003-2004 dan saat Barcelona sisihkan PSG musim lalu .

6 - Tiga gol bersarang di gawang Barcelona pada laga di Olimpico. Jumlah kemasukan tiga gol itu sama dengan total kebobolan Marc-Andre Ter Stegen sejak fase grup hingga laga pertama perempat final. 

1984 - Untuk kali pertama, AS Roma lolos ke semifinal pada era Liga Champions. Sebelumnya, mereka pernah melangkah ke final pada 1983-1984 ketika kompetisi antarklub elite Eropa ini masih bernama Piala Champions. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com