Statistik Membuktikan De Gea Kiper Terbaik Liga Inggris Musim Ini

Kompas.com - 08/04/2018, 16:31 WIB
Kiper Manchester United, David de Gea, bergembira usai rekan setimnya, Anthony Martial, mencetak gol ke gawang Everton dalam laga semifinal Piala FA di Stadion Wembley, Sabtu (23/4/2016). BEN STANSALL/AFPKiper Manchester United, David de Gea, bergembira usai rekan setimnya, Anthony Martial, mencetak gol ke gawang Everton dalam laga semifinal Piala FA di Stadion Wembley, Sabtu (23/4/2016).

KOMPAS.com - David de Gea kebobolan dua gol ketika Manchester United menang 3-2 atas Manchester City dalam lanjutan Liga Inggris, Sabtu (7/4/2018). Meskipun demikian, penjaga gawang internasional Spanyol tersebut tetap mencatatkan diri sebagai kiper terbaik di Liga Inggris musim ini.

Man United menang dramatis dalam derbi Manchester tersebut di Stadion Etihad. The Red Devils berhasil membalikkan keadaan dengan mencetak tiga gol pada babak kedua, setelah tertinggal dua gol pada babak pertama.

(Baca Juga: Manchester United Kalahkan Manchester City, Paul Pogba Kirim Kode Spesial)

Man City unggul lebih dulu lewat gol Vincent Kompany (menit ke-25) dan Ilkay Guendogan (30'). Lalu, Man United membalas lewat dua gol Paul Pogba pada menit ke-53 dan ke-55, serta gol Chris Smalling (69').

Memang, De Gea tak bisa mencatat clean sheet dalam laga tersebut. Namun, dilansir BolaSport.com dari laman WhoScored, tercatat empat penyelamatan penting dilakukan mantan kiper Atletico Madrid tersebut.

Paling sensasional, De Gea menepis sundulan Sergio Aguero, semenit menjelang waktu normal babak kedua usai. Penampilan apik De Gea ini juga memperoleh berbagai pujian, terutama dari para fans.

Bahkan, pencetak dua gol Man United, Paul Pogba, memberikan ucapan selamat secara spesial untuk De Gea.

(Baca Juga: Terungkap! Pep Guardiola Bisiki Ini ke Paul Pogba Usai Man City Dikalahkan Man United)

"Nomor satu, sang nomor satu!" ucap Pogba usai laga.

Namun, dua gol saat melawan Man City membuat catatan kemasukan David De Gea bertambah menjadi 24 gol. Meski demikian, ada statistik mencengangkan karena catatan kebobolan 23 gol murni (tanpa gol bunuh diri) milik De Gea pada musim ini tak bisa diikuti oleh kiper lain di Liga Inggris.

Dilansir BolaSport.com dari laman Opta, kiper lain di Liga Inggris bisa kebobolan mencapai 37 gol.

De Gea memang memiliki catatan menggagalkan peluang emas paling banyak di Liga Inggris karena dia berhasil menghentikan 14 peluang emas. Berdasarkan catatan resmi Liga Inggris, De Gea telah mencatatkan 103 penyelamatan, terbanyak keempat dalam Liga Inggris musim ini. (Aditya Fahmi Nurwahid)



Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X