Simon McMenemy dan Bhayangkara FC Disorot oleh Media Asing

Kompas.com - 16/03/2018, 07:26 WIB
Ekspresi pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy, ketika mendampingi timnya pada sebuah pertandingan Liga 1. BOLASPORT.COM/FERNANDO RANDYEkspresi pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy, ketika mendampingi timnya pada sebuah pertandingan Liga 1.

KOMPAS.com - Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy, disebut oleh BBC sebagai pelatih asal Britania Raya yang tidak dikenal di negeri sendiri tetapi bersinar di negeri orang.

Kecemerlangan McMenemy dimulai pada 2010 ketika membawa tim nasional Filipina, yang sebelumnya dianggap sebagai tim "kurcaci" di Asia Tenggara, melaju ke semifinal Piala AFF 2010.

Meski saat itu kalah dari Indonesia, McMenemy bersama timnya disambut bak pahlawan sekembalinya ke Filipina.

"Ada banyak orang di bandara dan menunggu kedatangan kami. Ada banyak kamera dan semua orang melakukan wawancara. Rasanya kami seperti menghidupkan olahraga baru di Filipina," tutur McMenemy seperti dilansir BolaSport.com dari BBC, 9 Maret 2018.

Baca juga: Inilah 5 Tim yang Paling Rutin Tampil di Perempat Final Liga Champions, Salah Satunya Manchester United

BBC juga menyoroti sepak terjang McMenemy kala melatih klub asal Indonesia, Bhayangkara FC. Pada musim pertama membesut tim berjulukan The Guardian itu, McMenemy langsung sukses mempersembahkan gelar juara.

Padahal, waktu itu tidak ada yang menjagokan Bhayangkara FC akan keluar sebagai kampiun akhir musim Liga 1 2018.

Oleh karena itu, BBC menyebut Bhayangkara FC sama seperti Leicester City.

Leicester City pernah menjadi juara Liga Inggris pada musim 2015-2016. The Foxes mematahkan dominasi tim-tim besar dan berhasil menjadi juara Liga inggris di bawah arahan pelatih Italia, Claudio Ranieri.

"Awalnya, saya melihat peluang untuk mencatatkan nama saya dalam sejarah. Meskipun Bhayangkara dulunya tim papan tengah yang kurang populer, saya yakin bisa membawa mereka juara," tutur McMenemy mengisahkan awal mula mau melatih Bhayangkara FC.

Dengan demikian, McMenemy menjadi pelatih asal Inggris Raya pertama yang sukses menjuarai Liga Indonesia(Taufan Bara Mukti)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BolaSport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X