Timnas U-16 Indonesia Kalahkan Jepang dan Lolos ke Final - Kompas.com

Timnas U-16 Indonesia Kalahkan Jepang dan Lolos ke Final

Kompas.com - 11/03/2018, 21:41 WIB
Pemain, pelatih, dan ofisial timnas U-16 Indonesia seusai mengalahkan timnas U-15 Jepang pada semifinal Jenesys 2018 di Kirishima Yamazakura Miyazaki Prectural Comprehensive Sports Park Pitch 1, Jepang, Minggu (11/3/2018). DOK PSSI Pemain, pelatih, dan ofisial timnas U-16 Indonesia seusai mengalahkan timnas U-15 Jepang pada semifinal Jenesys 2018 di Kirishima Yamazakura Miyazaki Prectural Comprehensive Sports Park Pitch 1, Jepang, Minggu (11/3/2018).

KOMPAS.com - Timnas U-16 Indonesia secara mengejutkan berhasil mengalahkan timnas U-15 Jepang dengan skor 1-0. Anak asuh Fakhri Husaini pun melaju ke final turnamen Jenesys 2017.

Dua tim ini berlaga pada semifinal di Kirishima Yamazakura Miyazaki Prectural Comprehensive Sports Park Pitch 1, Jepang, Minggu (11/3/2018). Kemenangan itu disambut dengan sukacita oleh pelatih timnas U-16 Indonesia, Fakhri Husaini.

(Baca juga: Dua Klub Liga Polandia Kena Sanksi Pengurangan Poin, Salah Satunya yang Bakal Dibela Egy Maulana Vikri)

Dalam wawancara dengan BolaSport.com selepas laga, Fakhri sangat bersyukur atas catatan positif anak-anak asuhnya. Pria kelahiran Aceh ini sangat berterima kasih kepada semua pemain atas kemenangan melalui gol semata wayang Sutan Zico pada menit ke-54 ini.

"Alhamdulillah berkat perjuangan keras dan doa seluruh pencinta sepak bola Indonesia, kami bisa memenangi laga berat pada semifinal melawan Jepang," kata Fakhri.

Dia pun mengatakan Sutan Zico dkk mampu memberikan perlawanan ketat kepada tim tuan rumah. Diakui, skuad Garuda Asia bermain sangat disiplin dan kompak baik saat menyerang maupun bertahan.

(Baca Juga: Baru Bergabung, Egy Maulana Vikri Sudah Berikan Dampak Luar Biasa Ini pada Lechia Gdansk)

"Transisi negatif dan positif di lini tengah maupun depan berjalan dengan baik," ujar Fakhri.

"Saya bangga dengan apa yang diperlihatkan pemain," kata gelandang elegan timnas Indonesia era 1990-an ini.

Sebelum pertandingan, Fakhri meminta kepada anak asuhnya agar tidak gentar menghadapi nama besar Jepang. Sebab, sepak bola itu dimulai dari skor 0-0.

"Mereka sangat luar biasa, tidak gentar dengan nama besar Jepang, tidak takut dengan pressing yang dilakukan Jepang,” kata Fakhri.

"Strategi pressing dengan tekanan dari kami cukup ampuh untuk mengganggu alur bola dari pemain Jepang."

Selanjutnya, Indonesia akan melawan timnas U-16 Vietnam pada laga final, Senin (12/3/2018). Vietnam lolos setelah menang adu penalti dengan skor 6-5 atas timnas U-16 Thailand. (Mochamad Hary Prasetya)


Komentar
Close Ads X