Egy Maulana Vikri, Bukan Pemain Pertama Asia di Lechia Gdansk

Kompas.com - 10/03/2018, 10:59 WIB
Pemain timnas Indonesia, Egy Maulana berusaha melewati pemain timnas Islandia saat pertandingan persahabatan Indonesia melawan Islandia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (14/1/2018). Indonesia kalah 1-4 melawan Islandia.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pemain timnas Indonesia, Egy Maulana berusaha melewati pemain timnas Islandia saat pertandingan persahabatan Indonesia melawan Islandia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (14/1/2018). Indonesia kalah 1-4 melawan Islandia.

KOMPAS.com -  Egy Maulana Vikri telah bertolak ke Eropa pada Jumat (9/3/2018). Dia terbang menuju Polandia dan dikabarkan akan bergabung dengan Lechia Gdansk

Klub tujuan Egy Maulana itu terungkap dari unggahan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Menpora juga mengucapkan selamat kepada pemain kelahiran 7 Juli 2000 itu dalam perjalanan kariernya di Polandia. 

"Pemerintah mendukung bakat-bakat terbaik bangsa untuk maju dan tampil di pentas dunia. Selamat yaa... Egy Maulana Vikri, sukses terus di Polandia bersama klub Lechia Gdansk," tulis Imam Nahrawi dalam akun Twitter pribadinya.

(Baca Juga: Berlabuh ke Klub Baru, Egy Maulana Bakal Satu Tim dengan Eks Pilar Juventus)

 

Pernyataan Menpora itu sekaligus membantah rumor yang menyebutkan bahwa Egy Maulana merapat ke Legia Warszawa. Hanya, seperti halnya Legia Warszawa, Lechia Gdansk juga berasal dari Ekstraklasa, kasta teratas Liga Polandia. 

Berbeda dengan Legia Warszawa, Lechia Gdansk bukanlah klub sarat prestasi. Mereka belum sekali pun menjadi juara Liga Polandia. 

Posisinya saat ini juga terancam degradasi. Tim asuhan Piotr Stokowiec itu berada di posisi ke-12 dari 16 peserta kasta teratas Liga Polandia. 

Kendati demikian, klub dengan kostum kebesaran hijau-putih itu punya nilai plus dalam mengembangkan pemain asal Asia. Sebelum Egy, ada dua pemain asal Jepang, yaitu Tsubasa Nishi (20014-2016) dan Daisuke Matsui (2013). 

(Baca Juga: Jauh Sebelum Egy Maulana, Pemain Ini Sudah Mengadu Nasib di Eropa, Liga Italia)

Selain itu, Lechia punya basis pendukung fanatis. Mereka siap "menghijaukan" tribune Stadion Energa Gdansk yang berkapasitas sekitar 43.000 penonton. 

Lechia juga punya tim U-19 yang melakukan kompetisi reguler. Mulai akhir pekan ini, tim muda Lechia akan bertarung dalam kompetisi musim semi di Polandia. 

 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X