Alasan Zidane Cadangkan Kroos dan Modric Saat Lawan PSG

Kompas.com - 07/03/2018, 15:06 WIB
Toni Kroos (kiri) melindungi bola saat Real Madrid melawan Atletico Madrid pada partai pertama semifinal Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Selasa (2/5/2017). JAVIER SORIANO/AFPToni Kroos (kiri) melindungi bola saat Real Madrid melawan Atletico Madrid pada partai pertama semifinal Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Selasa (2/5/2017).

KOMPAS.com - Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, menerapkan skema 4-4-2 ketika melawan Paris Saint-Germain (PSG) pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Dia mencadangkan dua gelandang andalan, Toni Kroos dan Luka Modric.

Keputusan Zidane membuahkan hasil positif. Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Parc des Princes, Paris, Selasa (6/3/2018) atau Rabu dini hari WIB itu, Real Madrid berhasil menang 2-1.

(Baca Juga: Profil Empat Legenda Liverpool yang Hadir di Jakarta)

Los Blancos membobol gawang PSG dua kali melalui tandukan Cristiano Ronaldo pada menit ke-51 serta sepakan Casemiro (80'). Sementara itu PSG hanya mampu membalas sekali melalui Edinson Cavani (71').

Kemenangan tersebut memastikan Real Madrid lolos ke babak perempat final Liga Champions. Sang juara bertahan unggul 5-2 secara agregat atas raksasa Liga Perancis itu.

Keputusan Zidane mencadangkan Kroos dan Modric menyisakan pertanyaan. Dia justru memilih untuk memainkan Mateo Kovacic di posisi gelandang serang berdampingan dengan Casemiro sebagai jangkar, disokong Lucas Vazquez dan Marco Asensio di kedua sisi.

(Baca Juga: Unai Emery Akui Real Madrid Lebih Layak Lolos Ketimbang PSG)

Hanya Kroos yang akhirnya diturunkan Zidane dalam laga tersebut pada menit ke-71 menggantikan Kovacic. Sedangkan Modric sama sekali tidak tampil. Bahkan, Zidane lebih memilih memasukkan Francisco Isco saat menarik keluar Asensio pada menit ke-80.

Zidane mengakui bahwa Kroos dan Modric telah berada dalam kondisi yang siap bermain, tetapi berdasarkan beberapa pertimbangan, dirinya tidak menjadikan keduanya sebagai starter.

Gelandang Real Madrid, Luka Modric, mengontrol bola dalam sesi latihan tim menjelang pertandingan Piala Super Eropa melawan Manchester United di National Arena Filip II, Skopje, 7 Agustus 2017.NIKOLAY DOYCHINOV/AFP Gelandang Real Madrid, Luka Modric, mengontrol bola dalam sesi latihan tim menjelang pertandingan Piala Super Eropa melawan Manchester United di National Arena Filip II, Skopje, 7 Agustus 2017.

"Jika mereka telah berada di bangku cadangan, itu artinya mereka fit 100 persen. Namun, segala keputusan untuk memilih tim ada di tangan saya setelah mempertimbangkan beberapa faktor," ucap Zidane seperti dikutip BolaSport.com dari Realmadrid.com.

"Saya memilih susunan pemain dan kemudian kami mampu tampil bagus, menunjukkan kedisiplinan yang bagus dan mampu lebih banyak menekan lawan. Saya senang dengan komitmen para pemain," tuturnya. (Verdi Hendrawan)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BolaSport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X