Radja Nainggolan: Saya Pantas Bela Timnas Belgia - Kompas.com

Radja Nainggolan: Saya Pantas Bela Timnas Belgia

Kompas.com - 28/02/2018, 07:53 WIB
Gelandang Belgia, Radja Nainggolan (tengah), merayakan gol ke gawang Swedia bersama rekan-rekannya, di Allianz Riviera, Nice, pada Selasa (22/6/2016) waktu setempat.AFP Gelandang Belgia, Radja Nainggolan (tengah), merayakan gol ke gawang Swedia bersama rekan-rekannya, di Allianz Riviera, Nice, pada Selasa (22/6/2016) waktu setempat.

KOMPAS.com - Gelandang AS Roma asal Belgia, Radja Nainggolan, menuturkan curhatan setelah dia terancam tidak dipanggil oleh pelatih Roberto Martinez untuk membela negaranya pada Piala Dunia 2018.

Terakhir kali Radja Nainggolan membela timnas Belgia ialah dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 menghadapi Estonia pada 10 Juni 2017.

Pada pertandingan tersebut, Radja Nainggolan juga hanya duduk di bangku cadangan tanpa dipercaya tampil oleh Roberto Martinez.

Sejak saat itu atau di enam laga terakhir yang dilakoni timnas Belgia, Radja Nainggolan tidak pernah lagi menjadi bagian dari skuad tim berjulukan Setan Merah itu.

Baca juga: Nama Cristiano Ronaldo Menghilang di Daftar Skuat Real Madrid untuk Hadapi Espanyol

Roberto Martinez berdalih bahwa tidak dipanggilnya Radja Nainggolan ke dalam skuadnya disebabkan oleh gaya bermain gelandang berusia 29 tahun itu yang tidak cocok dengan rencana permainannya.

Keputusan Roberto Martinez mengabaikan Radja Nainggolan itu juga kini kian kuat setelah timnas Belgia tidak pernah mengalami kekalahan selama pemain berdarah Indonesia itu tidak berada di dalam skuadnya.

Kondisi ini membuat Radja Nainggolan sedih. Ia berpikir bahwa kualitas dan pencapaian yang ia miliki sejauh ini sudah layak untuk menjadi bagian dari skuat timnas Belgia.

"Saya pikir, berdasarkan prestasi dalam beberapa tahun terakhir, saya pantas menjadi bagian dari timnas Belgia," ucap Radja Nainggolan seperti dikutip BolaSport.com dari SportMagazine.

"Saya bisa menempatkan diri di antara dua gelandang tengah dalam skema 3-4-2-1. Itu adalah posisi terbaik saya. Namun, yang paling penting adalah mendapatkan panggilan ke Piala Dunia dan saya sudah absen dalam beberapa laga terakhir," tuturnya.

Pelatih tim nasional Belgia, Roberto Martinez,  memimpin sesi latihan di Tubize pada Rabu (5/10/2016). Latihan ini merupakan bagian dari persiapan tim jelang melakoni kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Bosnia pada 7 Oktober dan Gibraltar pada 10 Oktober. 
BRUNO FAHY / BELGA / AFP Pelatih tim nasional Belgia, Roberto Martinez, memimpin sesi latihan di Tubize pada Rabu (5/10/2016). Latihan ini merupakan bagian dari persiapan tim jelang melakoni kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Bosnia pada 7 Oktober dan Gibraltar pada 10 Oktober.

Radja Nainggolan pun mengaku bahwa dia tidak memiliki masalah apa pun, baik dengan rekan satu tim maupun pelatih di timnas Belgia.

Meski demikian, Radja Nainggolan mengaku akan terus berusaha meyakinkan Roberto Martinez agar mau memanggilnya kembali masuk ke timnas Belgia dengan performanya di lapangan bersama AS Roma.

Baca Juga: Tottenham Rela Gelontorkan Dana Sebesar Rp 669 Miliar untuk Boyong Jelmaan Gareth Bale dari Fulham

"Saya bergaul baik dengan semua orang. Saya bukan pembuat onar dan tidak pernah memiliki masalah dengan pemain lain. Sebaliknya, semua anggota timnas Belgia silih berganti mengunjungi saya di Roma," ucar Radja Nainggolan.

"Mungkin saya harus berusaha lebih baik lagi dengan pelatih tim nasional, meski saya tidak pernah memiliki masalah dengan dirinya. Terkadang Anda harus menerima keputusan yang tidak sesuai dengan Anda," katanya.

Sebelum berkompetisi di Piala Dunia 2018, sejauh ini timnas Belgia telah menjadwalkan empat laga uji coba, yaitu menghadapi Arab Saudi, Portugal, Mesir, dan Kosta Rika.

Radja Nainggolan juga masih memiliki waktu sekitar tiga bulan ke depan untuk membuktikan diri kepada Roberto Martinez agar mau memanggilnya sebagai bagian dari skuad timnas Belgia. (Verdi Hendrawan)

 


Komentar

Close Ads X