Zidane Sangat Jeli Merespons Perubahan Taktik PSG - Kompas.com

Zidane Sangat Jeli Merespons Perubahan Taktik PSG

Kompas.com - 15/02/2018, 08:33 WIB
Zinedine Zidane mendampingi Real Madrid saat melawan Al Jazira pada laga semifinal Piala Dunia Antarklub di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, Kamis (14/12/2017) dini hari WIB.GIUSEPPE CACACE/AFP Zinedine Zidane mendampingi Real Madrid saat melawan Al Jazira pada laga semifinal Piala Dunia Antarklub di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, Kamis (14/12/2017) dini hari WIB.

KOMPAS.com - Kecermatan pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, merespons perubahan taktik Paris Saint-Germain (PSG) menjadi salah satu kunci kesuksesan Los Blancos mengalahkan Les Parisien 3-1 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeau, Rabu (14/2/2018) atau Kamis dini hari WIB.

Materi pemain kedua tim nyaris berimbang sehingga pertandingan ini berjalan cukup ketat. Tim tamu secara mengejutkan unggul terlebih dahulu pada menit ke-33 lewat Adrien Rabiot.

Namun, El Real mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-45 lewat penalti Cristiano Ronaldo. Penalti diberikan wasit setelah Geovani Lo Celso melanggar Toni Kroos di dalam kotak penalti.

(Baca Juga: 8 Menit, 7 Detik! Gonzalo Higuain Catat Rekor Gol Dobel Tercepat di Liga Champions)

Skor 1-1 bertahan hingga pertengahan babak kedua. PSG terus mengancam karena mereka cukup merepotkan Real Madrid lewat pressing di daerah pertahanan Los Blancos.

Hal ini membuat Real Madrid mengalami kesulitan mengembangkan permainan dan PSG beberapa kali mengancam gawang Keylor Navas. Tercatat dua kali PSG punya peluang emas pada awal babak kedua, lewat tembakan Kylian Mbappe (menit ke-49) yang masih mampu ditepis Navas serta tembakan Adrien Rabiot (54') yang masih mampu diblok oleh Sergio Ramos.

Namun, ketika sedang menguasai laga, pelatih PSG Unai Emery justru membuat keputusan untuk menarik keluar penyerang Edinson Cavani dan memasukkan Thomas Meunier, yang merupakan seorang bek kanan, pada menit ke-66.

Sejak keluarnya Cavani, tekanan Les Parisien ke Real Madrid mulai menurun. Hal ini langsung direspons oleh Zidane dengan memasukkan Marco Asensio menggantikan Isco serta Lucas Vazquez menggantikan Casemiro pada menit ke-79.

Khusus untuk Asensio, Zidane menginstruksikan pemain asal Spanyol ini untuk mengeksploitasi sisi yang ditempati oleh Thomas Meunier, yaitu di sisi kanan pertahanan PSG. Hal ini terbukti berhasil ketika Meunier kurang apik dalam menutup ruang Asensio, yang sukses memberikan umpan yang kemudian menghasilkan gol kedua dan ketiga El Real yang diciptakan oleh Cristiano Ronaldo (83') dan Marcelo (86').

Kemenangan 3-1 ini tentu menjadi modal berharga Zidane untuk menjalani leg kedua di markas PSG pada Rabu (7/3/2018). (Putra Rusdi Kurniawan)


Komentar

Close Ads X