Mohamed Salah Memburu Rekor Gol Legenda Liverpool - Kompas.com

Mohamed Salah Memburu Rekor Gol Legenda Liverpool

Kompas.com - 15/02/2018, 07:49 WIB
Pemain Liverpool FC, Mohamed Salah, merayakan gol yang dia cetak ke gawang Southampton dalam laga Liga Inggris di Stadion St. Marys, Southampton, pada 11 Februari 2018. AFP/Adrian Dennis Pemain Liverpool FC, Mohamed Salah, merayakan gol yang dia cetak ke gawang Southampton dalam laga Liga Inggris di Stadion St. Marys, Southampton, pada 11 Februari 2018.

KOMPAS.com - Liverpool pesta gol ketika melawat ke markas FC Porto untuk melakoni leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Wakil Inggris ini menang 5-0 dalam duel di Stadion Do Dragao, Porto, Rabu (14/2/2018) atau Kamis dini hari WIB.

Pesta gol The Reds itu diwarnai sumbangan sebiji dari pemain terbaiknya musim ini, Mohamed Salah. Gol itu adalah torehan ke-30 pemain timnas Mesir itu buat Liverpool pada semua kompetisi musim 2017-2018.

Salah menjadi pemain pertama dari Liverpool yang mampu menembus angka 30 gol dalam satu musim setelah Luis Suarez melakukannya pada 2013-2014. Catatan Suarez akan segera dilewati Salah dan pemain berusia 25 tahun itu sekarang mengejar rekor pencetak gol terbanyak Liverpool dalam satu musim.

(Baca Juga: 3 Pemain Anyar ini Siap Naik Kasta, dari Liga Europa Menuju Liga Champions)

Rekor itu masih dipegang penyerang legendaris Si Merah, Ian Rush. Pada musim 1983-1984, Rush membukukan 47 gol dalam semua kompetisi. Rush mencetak 47 gol itu dalam total 65 penampilan.

Sementara itu Salah mengemas 30 gol hanya dalam 36 penampilan. Dari segi produktivitas, Salah jelas lebih bagus daripada Rush.

Kalau Rush membukukan rata-rata 0,72 gol per partai, Salah punya rasio 0,83 gol per laga. Namun, kans Salah untuk memecahkan rekor Rush memang tidak terlalu besar karena musim ini Liverpool tinggal bermain di Liga Inggris dan Liga Champions. Mereka sudah tersingkir dari Piala FA dan Piala Liga Inggris.

Salah hanya punya 11 pertandingan Liga Inggris plus kemungkinan maksimal 6 di Liga Champions kalau mampu mencapai final untuk menambah koleksi golnya. (Dwi Widijatmiko)


Komentar

Close Ads X