Bhayangkara FC: Kondisi Awan Setho Terus Membaik

Kompas.com - 28/01/2018, 17:20 WIB
Kiper Bhayangkara FC, Awan Setho Raharjo, seusai latihan di Lapangan UMM, Kota Malang, pada Senin (22/1/2018). KOMPAS.com/Andi HartikKiper Bhayangkara FC, Awan Setho Raharjo, seusai latihan di Lapangan UMM, Kota Malang, pada Senin (22/1/2018).
|
EditorEris Eka Jaya

KOMPAS.com – Tidak hanya kekalahan, pertandingan Bhayangkara FC kontra FC Tokyo, Sabtu (27/1/2018) kemarin, juga diwarnai oleh benturan antara kiper Awan Setho dengan striker Diego Oliviera, yang menyebabkan penjaga gawang Bhayangkara FC tersebut mengalami cedera leher.

Bahkan, dalam pertandingan yang digelar untuk memperingati 60 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Jepang tersebut, Awan sempat harus dilarikan menuju Rumah Sakit TNI Angkatan Laut dr Mintohardjo, Jakarta Pusat, dengan ambulans.

"Kondisi Awan sendiri kini sudah semakin membaik. Kami mohon bantuan doanya supaya Awan bisa kuat dan bisa segera kembali beraktivitas," ujar Manajer Bhayangkara FC, Sumardji, saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (28/1/2018).

Menurut penuturan Sumardji, Awan terus mendapatkan pendampingan dari dokter tim Bhayangkara FC, dr Alfan Nur Ashyar, dan fisioterapis Aditya Prameswara Ardhi.

Baca juga : Kiper Bhayangkara FC Cedera Leher, FC Tokyo Minta Maaf

 

Ia pun sudah mendapatkan perawatan intensif dari dokter spesialis bedah saraf kepala dan leher, serta radiologi.

"Pemeriksaan intensif juga sudah dilakukan, mulai dari foto rontgen kepala, leher, dada, head CT scan, hingga MRI 3D, pada bagian kepala dan leher Awan," ucap dia.

Sementara itu, dari penuturan dr Alfan dalam rilis yang diterima Kompas.com, semua langkah medis telah dilakukan dengan tepat dalam menangani Awan, baik pada saat di lapangan maupun selama perjalanan menuju rumah sakit.

"Pada pemeriksaan awal di lapangan, Awan mengeluhkan sesak napas dan kesemutan pada bagian wajah dan kedua tangannya. Awan juga mendapatkan pendarahan di area mulut. Maka dilakukan tindakan life saving, dengan dugaan head and neck injury," kata dr Alfan.

Akhirnya, setelah dilakukan koordinasi dengan tim medis Rumah Sakit TNI Angkatan Laut dr Mintohardjo, Awan langsung saat itu juga ditangani oleh dokter UGD, spesialis bedah saraf, dan radiologi.

"Pada pukul 23.00 WIB, hasil pemeriksaan dan koordinasi dengan dokter bedah saraf dan radiologi, kami menyampaikan bahwa kondisi Awan secara keseluruhan aman. Tidak ada permasalahan pada tulang kepala, leher, dan dada, saraf, otot, paru-paru, serta jantung," ujar dr Alfan

"Pendarahan pada area mulut juga sudah teratasi dan rasa kesemutan pada beberapa bagian tubuh yang sebelumnya dirasakan sudah hilang," ucapnya.

"Saat ditinggal pukul 00.00 WIB, Awan hanya mengeluhkan nyeri pada wajahnya, yang besar kemungkinan akibat dari sisa benturan pada wajahnya," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X