Kaka Menilai Coutinho Bikin Keputusan Tepat Pindah ke Barca

Kompas.com - 24/01/2018, 14:51 WIB
Gambar yang digunakan FC Barcelona di situs dan media sosial dalam pengumuman transfer Philippe Coutinho. Twitter @FCBarcelonaGambar yang digunakan FC Barcelona di situs dan media sosial dalam pengumuman transfer Philippe Coutinho.
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Kepindahan Phillipe Coutinho ke Barcelona kembali mengundang komentar. Kini, giliran legenda Timnas Brasil, Ricardo Kaka, yang mengemukakan pendapatnya.

Kaka dan Coutinho sebenarnya memiliki posisi bermain yang sama di dalam skuad. Keduanya juga menjadi aspek penting dalam skuad timnas Brasil pada eranya.

Pemain yang baru saja pensiun pada akhir tahun 2017 ini mengatakan bahwa juniornya itu akan bisa berkembang di klub barunya, Barcelona.

"Saya kira, ini adalah kontrak terbaik bagi Barcelona," ujar Kaka dalam bincang-bincang bersama legenda Brasil lainnya, Ronaldo Nazario.

(Baca Juga: Dibanding Bek Paling Produktif di Liga Inggris, Calon Bek Baru Chelsea Ternyata Lebih Baik)

Eks bintang AC Milan dan Real Madrid ini juga menilai bahwa Coutinho bukan pemain sepak bola sembarangan, meski bukan yang terbaik di dunia saat ini.

"Dia bukan pemain terbaik di dunia namun dia memiliki banyak kualitas, dia memiliki apa yang diperlukan untuk mendominasi, dan kemudian berjuang mendapatkan penghargaan individual," ujar pria berusia 35 tahun ini.

Kaka pun mengatakan bahwa Coutinho akan berkembang bersama Barcelona dan berpeluang untuk masuk sebagai kandidat peraih Ballon d'Or.

Aksi gelandang AC Milan Ricardo Kaka setelah bola hasil tendangannya masuk gawang Lazio akibat antisipasi bek Lazio Abdoulay Konko, pada pertandingan Serie-A, di Olimpico, Minggu (23/3/2014).VINCENZO PINTO / AFP Aksi gelandang AC Milan Ricardo Kaka setelah bola hasil tendangannya masuk gawang Lazio akibat antisipasi bek Lazio Abdoulay Konko, pada pertandingan Serie-A, di Olimpico, Minggu (23/3/2014).

"Dia akan bermain pada banyak kompetisi bersama Barcelona. Itu akan menjadi hebat karena melihat dia bermain dengan Lionel Messi dan mewakili bakat menonjol Brasil untuk Barcelona," ujar Kaka.

"Saya tidak tahu apakah dia akan masuk untuk Ballon d'Or atau tidak, tetapi tanpa keraguan dia adalah bakat luar biasa," kata eks pemain klub MLS, Orlando City, ini.

Kaka hingga kini dijuluki sebagai "manusia terakhir" peraih Ballon d'Or, sebelum era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, pada tahun 2007. Kaka dan Coutinho juga miliki kemiripan dalam karier sepak bola mereka.

Keduanya mengawali karier di Brasil, Kaka bersama Santos FC dan Coutinho bersama Vasco da Gama. Lalu, keduanya juga bergabung dengan dua rival raksasa Liga Italia pada awal karier di Eropa, dan dua rival besar Liga Spanyol pada puncak karier.

Kaka bergabung dengan AC Milan dan Real Madrid, antitesis dari Coutinho yang berseragam Inter Milan dan Barcelona saat ini. (Aditya Fahmi Nurwahid)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BolaSport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X