Kisah Hidup Sanchez, dari Tukang Cuci Mobil hingga Bergaji Fantastis

Kompas.com - 24/01/2018, 08:56 WIB
Alexis Sanchez resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Manchester United pada Senin (22/1/2018). Twitter @ManUtdAlexis Sanchez resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Manchester United pada Senin (22/1/2018).
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Penyerang baru Manchester United, Alexis Sanchez, memiliki perjalanan amat panjang untuk menjadi salah satu pemain bergaji tertinggi di Liga Inggris.

Sanchez tumbuh di sebuah perkampungan tambang miskin di Kota Tocopilla, sebelah utara negara Cile. Ayah Sanchez meninggalkan keluarganya sejak kecil.

Sang ibu yang bernama Martina harus melakukan banyak pekerjaan untuk menghidupi keluarganya. Martina adalah buruh cuci yang juga harus berjualan ikan sejauh 80 kilometer setiap hari dari rumahnya.

Sanchez kecil pun harus ikut berjuang untuk mendapatkan uang. Dia rela menjadi buruh cuci mobil hanya untuk memperoleh uang receh.

Tak jarang Sanchez menderita kelaparan hingga dia harus meminta makanan gratis kepada para tetangga. Segala hal mulai membaik saat Sanchez jatuh cinta dengan sepak bola meski dia hanya bisa memainkannya tanpa sepatu di jalanan kasar dan berlumpur.

"Saya tetap bahagia di tengah kekurangan asal bisa bermain bola," ujar Sanchez pada tahun lalu.

Karier sepak bola Sanchez dimulai dari klub muda lokal Cile bernama Cobreloa. Dia bergabung dengan Cobreloa dari 2004 dan meninggalkan klub tersebut pada 2006 untuk memulai mengejar mimpi di Benua Eropa bersama klub Liga Italia, Udinese.

Sanchez mulai dilirik klub-klub yang lebih besar usai bergabung dengan Udinese. Barcelona lalu merekrutnya pada 2011. Dia berhasil bertahan selama tiga musim bersama Barcelona dan mencetak 47 gol serta 36 assist dari 141 penampilan.

Pemain Arsenal, Alexis Sanchez, merayakan gol yang dia cetak ke gawang Crystal Palace dalam laga Liga Inggris di Stadion Selhurst Park, London, pada 28 Desember 2017.AFP/BEN STANSALL Pemain Arsenal, Alexis Sanchez, merayakan gol yang dia cetak ke gawang Crystal Palace dalam laga Liga Inggris di Stadion Selhurst Park, London, pada 28 Desember 2017.

Sanchez kemudian berkesempatan mencicipi kemegahan Liga Inggris kala bergabung dengan Arsenal pada 2014. Bersama klub beralias The Gunners, Sanchez berhasil meraih trofi Piala FA sebanyak dua kali.

Kini, perjalanan Sanchez kembali menemui episode baru usai bergabung dengan Manchester United. The Red Devils mendatangkannya melalui barter dengan Henrikh Mkhitaryan.

Halaman:


Sumber BolaSport
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X