Satu Klub Boleh Daftarkan 6 Pemain Asing untuk Piala Presiden 2018 - Kompas.com

Satu Klub Boleh Daftarkan 6 Pemain Asing untuk Piala Presiden 2018

Kompas.com - 13/01/2018, 07:51 WIB
Logo Piala Presiden 2018.DOK LIGA-INDONESIA.ID Logo Piala Presiden 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - Panitia penyelenggara Piala Presiden 2018 sudah membuat sejumlah aturan terkait penyelenggaraan turnamen. Salah satunya terkait dengan jumlah pemain asing yang bisa dimainkan. 

 etua Organizing Committee Piala Presiden 2018, Berlinton Siahaan, mengatakan ada perubahan regulasi terkait pendaftaran para pemain asing. Kata Berlinton, sebanyak 20 klub peserta Piala Presiden boleh mendaftarkan sekitar enam pemain asing.

Sebelumnya, panitia penyelenggaraan turnamen itu hanya memperbolehkan setiap klub mendaftarkan empat pemain asing yang terdiri dari tiga non-Asia dan satu dari Asia.

Keputusan perubahan pendaftaran pemain asing itu sesuai kesepakatan dengan pemilik klub saat menggelar pertemuan manajer di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (12/1/2018).

"Dari hasil pertemuan tadi, setiap klub boleh mendaftarkan enam pemain asing dengan kuota 3+1," kata Berlinton. 

Anggota organizing committee, Risha Adi Wijaya, menambahkan bahwa setiap pertandingan yang akan dilakoni oleh klub hanya boleh memainkan empat pemain asing, bukan enam. Hal itu dikarenakan klub-klub peserta perlu melihat bagaimana permainan timnya menyambut kompetisi sesungguhnya.

"Ini saatnya setiap tim untuk melakukan percobaan strategi dan melihat pemainnya termasuk pemain asing. Mereka boleh daftarkan enam pemain asing tetapi yang masuk ke daftar susunan pemain (DSP) itu hanya empat pemain dengan kriteria 3+1," kata Risha.

Tiga itu adalah pemain asing non-asia. Sedangkan satu adalah pemain asing dari anggota Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). 

Para klub peserta Piala Presiden 2018 boleh mendaftarkan 36 pemain untuk berlaga di turnamen tersebut.

Banyaknya jumlah pemain itu dikarenakan ada perwakilan klub Indonesia yang akan berlaga di Piala AFC 2018, yakni Bali United dan Persija Jakarta.

"Jumlah kuota itu ada 36 pemain dikarenakan kami melihat ditakuti adanya ketatnya jadwal antara Piala Presiden dengan Piala AFC," tuturnya. 

"Jadi kan setiap klub sepak bola hanya boleh memasukan 18 nama ke DSP. Artinya jumlah pemain itu bisa dibagi menjadi dua tim," kata Risha.

Terkait dengan jumlah pemain asing yang didaftarkan menjadi enam nama, Risha mengaku bahwa ada beberapa klub menginginkan itu. Salah satunya Sriwijaya FC. 

Sriwijaya FC sudah memiliki enam pemain asing yakni Alberto Goncalves, Esteban Vizcarra, Yuu Hyun-koo, Makan Konate, Mahamadou N'Diaye, dan Manuchekhr Dzhalilov.

Namun, Risha menegaskan bahwa penambahan kuota pemain asing di Piala Presiden 2018 sesuai kesepakatan bersama. (Hary Prasetya) 

 

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorJalu Wisnu Wirajati
SumberBolaSport

Close Ads X