Kompas.com - 10/01/2018, 14:19 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) direncanakan menjadi tempat berlangsungnya Piala Presiden 2018 yang berlangsung di Bandung. Namun, kabar terbaru menyebutkan bahwa pemerintah melarang event tersebut berlangsung di GBLA.

Pembagian grup Piala Presiden 2018 yang diikuti 20 klub sudah dilakukan. Ada lima kota yang akan menjadi tempat berlangsungnya fase penyisihan grup yakni Bandung, Malang, Bali, Balikpapan dan Surabaya.

Rencana menggelar laga di GBLA tampaknya harus diubah karena pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melarang Piala Presiden 2018 digelar di stadion tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Semenpora), Gatot S Dewa Broto, di Kantor Kemenpora, Selasa (9/1/2018) malam WIB.

(Baca Juga: Pamit Tinggalkan Persipura Jayapura, Kiper Asal Korea Selatan Ini Gabung Mitra Kukar?)

Kata Gatot, Stadion GBLA akan direnovasi untuk tempat pertandingan sepak bola Asian Games 2018. Selain Stadion GBLA, kata Gatot, ada empat stadion lagi yang tidak boleh dipergunakan yakni Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Patriot (Bekasi), Stadion Pakansari (Bogor) dan Stadion Wibawa Mukti (Cikarang).

Apabila Stadion GBLA dipaksakan untuk venue pertandingan Grup A Piala Presiden 2018, maka itu akan menghambat pengerjaan renovasi. Padahal, rencana awalnya, Stadion GBLA akan menjadi tempat berlangsungnya laga pembuka Piala Presiden 2018 yang digelar pada Selasa (16/1/2018), antara Persib Bandung vs Sriwijaya FC.

"Yang saya tahu infonya tadi PSSI telepon saya untuk memastikan Piala Presiden digelar 16 Januari di GBLA," ujar Gatot.

"Mereka merasa belum mengonfirmasi ke Kemenpora."

(Baca Juga: Siang Ini Islandia Uji Coba Lapangan Stadion Maguwoharjo)

"Sedangkan di GBLA juga tidak bisa dipakai karena mau renovasi buat Asian Games 2018 termasuk empat stadion lainnya, yakni Si Jalak Harupat, Patriot, Pakansari, dan Wibawa Mukti."

"Kalau dipakai untuk Piala Presiden, pasti akan mundur satu bulan pengerjaannya dan itu mengganggu dalam rangka Asian Games 2018."

Dengan adanya larangan itu, panitia Piala Presiden 2018 bersama dengan PSSI harus bergerak cepat mencari pengganti Stadion GBLA. (Mochamad Hary Prasetya)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.