Kompas.com - 05/12/2017, 19:36 WIB
Ekspresi Raphael Maitimo saat berhasil mencetak gol untuk Persib Bandung. Dok. @PersibEkspresi Raphael Maitimo saat berhasil mencetak gol untuk Persib Bandung.
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Gelandang naturalisasi milik Persib Bandung, Raphael Maitimo, baru-baru ini mengungkapkan kepada media asal Belanda terkait persepakbolaan Indonesia. Dia memuji bakat pesepak bola Indonesia tetapi menyoroti fasilitas dan taktik permainan.

Maitimo, yang kini sedang liburan di Belanda setelah melakoni Liga 1 musim 2017, mengatakan hal tersebut ketika mendapatkan kesempatan wawancara dengan Voetbal Zone. Dia membicarakan hal tersebut saat mendapat pertanyaan terkait kondisi sepak bola Indonesia.

(Baca Juga: Terungkap, Pelatih Baru Persib Bandung Ternyata Masih Bermasalah dengan Mantan Klub Asuhannya di Malaysia)

"Anak-anak di Indonesia punya bakat dan secara fisik bagus," ujar Maitimo dikutip BolaSport.com dari Voetbal Zone.

Gelandang berusia 33 tahun itu juga mengungkapkan kelemahan yang ada pada sepak bola Tanah Air.

"Secara taktik masih kurang dan secara fasilitas serta organisasi masih kurang, namun hal tersebut yang membuat semakin menantang" ujar Maitimo.

Dia juga menambahkan bahwa penjadwalan liga di Asia seringkali berubah-ubah sehingga sulit untuk merencanakan sesuatu.

Gelandang jebolan Feyenoord tersebut saat ini masih menjadi milik Persib. Meski kontraknya bersama Maung Bandung segera habis, pemain tersebut belum bisa memutuskan masa depannya.

Maitimo merupakan satu dari sejumlah pesepak bola keturunan Belanda yang dinaturalisasi oleh Indonesia pada tahun 2010 lalu.



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.