Uang Hadiah Piala Dunia 2018 Meningkat 12 Persen

Kompas.com - 01/12/2017, 21:14 WIB
Pramugari Emirates dan trofi Piala Dunia 2014 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil. ARSIP EMIRATESPramugari Emirates dan trofi Piala Dunia 2014 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil.
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Jumlah hadiah peserta putaran final Piala Dunia 2018 bakal semakin berlipat. Dana triliunan rupiah dianggarkan FIFA selaku otoritas sepak bola tertinggi di dunia untuk menggairahkan ajang empat tahunan itu. 

Tiga tahun lalu, pada Piala Dunia 2014, FIFA menganggarkan 358 juta dollar Amerika atau sekitar Rp 4,8 triliun sebagai prize money bagi para pemenang. Pada Piala Dunia 2018 di Rusia, anggaran tersebut meningkat sekitar 12 persen.

Jerman sang juara Piala Dunia 2014 kala itu mendapatkan 35 juta dollar dan Argentina mendapat 25 juta dollar sebagai hadiah runner-up.

(Baca Juga: Penuh Intrik! Arsenal Ditentang Keras Legenda Jika Beli Pemain Ini)

Pada edisi 2018, jumlah hadiah tersebut akan bertambah 3 juta dollar masing-masing menjadi 38 juta dollar untuk juara dan 28 juta dollar untuk runner-up.

Tak hanya peringkat pertama dan kedua yang berhak mendapat kenaikan hadiah, hadiah peringkat ketiga dan keempat pun turut meningkat.

Juara ketiga yang tadinya mendapat 22 juta dollar akan menjadi 24 juta dollar. Adapun peringkat keempat akan mendapat 22 juta dollar dari sebelumnya 20 juta dollar.

AFP Hadiah Piala Dunia 2018

Tim yang mencapai fase perempat final juga mendapat kenaikan 2 juta dollar menjadi 16 juta dollar. Sedangkan tim yang gugur di babak 16 besar mendapat peningkatan 3 juta dollar menjadi 12 juta dollar.

Kenaikan anggaran tersebut adalah hasil dari peningkatan pendapatan yang diperoleh FIFA dan ditaksir sebesar 5 juta dollar.

"Pendapatan terus masuk ke kami, dan peningkatan anggaran tentu saja tak boleh lebih banyak dari pendapatan kami," ujar Presiden FIFA Gianni Infantino seperti dilansir BolaSport.com dari NBC Sports.

Masing-masing tim yang lolos ke Piala Dunia 2018 akan mendapat uang saku dari FIFA sebesar 1,5 juta euro untuk modal mempersiapkan tim. (Taufan Bara)

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BolaSport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X