5 Fakta Pelatih Baru Persib, Juara di Argentina dan Asisten di La Liga

Kompas.com - 28/11/2017, 17:17 WIB
Pelatih asal Argentina, Mario Gomez tak lagi menangani klub kaya dari Malaysia, Johor Darul Takzim per Rabu (18/1/2017). Dok. Johor Southern TigersPelatih asal Argentina, Mario Gomez tak lagi menangani klub kaya dari Malaysia, Johor Darul Takzim per Rabu (18/1/2017).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung telah memiliki pelatih baru untuk musim depan. Lewat situs resminya. manajemen Maung Bandung mengumumkan jalinan kerja sama dengan Roberto Carlos Mario Gomez sebagai pelatih untuk Liga 1 musim 2018, Selasa (28/11/2017).

Kabar ini terbilang mengejutkan. Eks pelatih Johor Darul Takzim ini sebelumnya tak disebut sebagai salah satu kandidat arsitek Maung Bandung. 

Siapa sebenarnya Gomez? Berikut sejumlah fakta soal pelatih berusia 60 tahun tersebut:

Juara Liga Argentina sebagai pemain 

Pada era 1980-an, klub Ferro Carril Oeste menikmati masa keemasan di Liga Argentina. Didahului dengan kedatangan pelatih Carlos Griguol pada 1979, Ferro menjadi runner-up pada musim 1981 dan langsung merengkuh titel pada tahun berikutnya.

Selain nama-nama seperti Oscar Garre, Alberto Marcico, dan Hector Cuper, lini defensif Ferro kala itu juga diperkuat oleh Mario Gomez. Ferro kembali menjadi kampiun Torneo Nacional pada 1984.

Asisten pelatih di Valencia 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Roberto Gomez memulai karier kepelatihan saat menjadi asisten Griguol di Gimnasia y Esgrima La Plata pada 1994. Pada 1999, setelah tak diizinkan menukangi Real Mallorca karena persyaratan periode kepelatihan minimum, Gomez diangkat sebagai asisten mantan rekan setimnya, Hector Cuper, di Valencia.

Saat Cuper hijrah menukangi Inter Milan, Gomez pun tetap diboyong ke Italia.  Jalinan kerja sama keduanya putus di akhir musim 2002-2003 kala Gomez memutuskan kembali ke Argentina untuk melatih Gimnasia La Plata.

"Mario adalah orang jujur, tenang, dan memahami sepak bola. Setiap pelatih membutuhkan orang seperti dia di dekatnya. Kami mengenal satu sama lain dengan sangat baik," ucap Cuper seperti dilansir dari situs resmi Inter ketika itu. 

Halaman:


Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.