Kompas.com - 04/11/2017, 08:55 WIB
EditorJalu Wisnu Wirajati

PAJU, KOMPAS.com - Pengaturan menu makanan yang ketat diterapkan di skuad tim nasional U-19 Indonesia yang saat ini sedang melakoni babak kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Korea Selatan.  Dokter timnas U-19 sudah menyiapkan menu khusus bagi Egy Maulana Vikri dkk.

Menu makanan tersebut sesuai dengan kondisi di Korea Selatan yang suhu udaranya rata-rata 8-10 derajat celcius. Bahkan, saat malam sampai pagi hari, suhunya bisa turun sampai minus tiga derajat celcius. 

Kondisi itu tentunya tidak terbiasa bagi tim berjulukan Garuda Nusantara tersebut. Tim asuhan Indra Sjafri itu harus matang dalam persiapan, baik dari sisi teknis maupun non-teknis. 
 
Untuk menjaga kebugaran, menu makanan menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Para pemain harus disiplin dengan menu makanan yang telah dipilih dokter timnas. 

"Dengan cuaca seperti ini pola makan harus dijaga agar pemain dalam kondisi bugar dan fit," kata dokter timnas U-19, Ifran Achmad

"Untuk makanan, kami sudah memesan menu wajib seperti sayur, ayam, ikan, salad, buah, susu, serta roti. Semua saya cek sebelum disajikan ke pemain," tuturnya.

(Baca juga: November yang Tak Pernah Ceria buat Arsenal)

Selama beberapa hari di Korea Selatan, tampak para pemain sangat menikmati menu makanan di hotel tim di Kota Paju. Hingga dua pertandingan dilakoni Egy Maulana dkk, belum ada kendala berarti.

Para pemain sendiri tidak keberatan dengan aturan ini karena semua demi performa terbaik di lapangan.

"Kami juga memberikan menu dengan sedikit lemak karena dengan cuaca seperti ini kandungan lemak bisa menambah energi pemain," ucap Irfan. 

"Untuk pantangan, tetap seperti makanan banyak minyak, pedas, dan kerupuk tentunya. Kami juga sarankan pemain untuk banyak minum air putih serta mengurangi makanan yang manis" tutur Ifran.

(Baca Juga: Andik Vermansah Merapat ke Bali United Musim Depan?)

Sejauh ini timnas U-19 sudah memetik dua kemenangan melawan Brunei Darussalam dan Timor Leste. Dua laga tersebut berakhir dengan kemenangan 5-0 Garuda Nusantara. 

Sabtu (4/11/2017) siang pukul 13.00 WIB, timnas U-19 akan menghadapi tuan rumah Korea Selatan. Malaysia akan menjadi lawan terakhir sebelum pasukan Indra Sjafri kembali lagi ke Tanah Air.

Timnas U-19 sebenarnya sudah menggenggam tiket lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2018 dengan status sebagai tuan rumah. Namun, Garuda Nusantara tetap harus melakoni fase kualifikasi yang digelar 31 Oktober hingga 8 November di Paju, Korsel. (Hary Prasetya) 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.