Kompas.com - 02/11/2017, 10:05 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE

BANDUNG, KOMPAS.com - Gelandang Persib Bandung Dedi Kusnandar untuk kedua kalinya akan melakoni laga klasik kontra Persija Jakarta, Jumat (3/11/2017). Duel ini akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo.

Dedi setuju laga tersebut menjadi El Clasico Liga Indonesia jika merujuk pada sejarah rivalitas kedua tim dan suporter. Dia menilai rivalitas mesti tetap dijaga agar atmosfer pertandingan tetap menarik untuk disaksikan.

"Itu yang mungkin ciri khas di liga tetap harus dijaga, itu yang bikin menarik sebuah pertandingan," ucap Dado, sapaan akrabnya, Rabu (1/11/2017) sore.

Dedi sempat menjajal panasnya persaingan di Liga Malaysia bersama Sabah FA. Dia mengatakan, rivalitas panas suporter di Malaysia tak seekstrem yang terjadi di Indonesia.

Bahkan, di Malaysia belum pernah terjadi pemain diboyong kendaraan taktis (rantis) agar tak mendapat teror berlebihan dari suporter. Sementara di Indonesia, situasi itu lumrah terjadi.

"Di Malaysia memang sebatas suporter dengan suporter. Kalau di luar gak ada pakai rantis, hanya di Indonesia saja. Itu lah seninya main di Indonesia," tutur Dado.

Meski punya sejarah persaingan yang kental, dia berharap rivalitas hanya terjadi di lapangan. Dia pun ingin merasakan kedua suporter bisa hadir dalam stadion yang sama mendukung tim masing-masing.

"Saya harap tidak ada pertandingan usiran gitu, jadi tetap main di Bandung atau Jakarta. Saya berharap suatu saat suporter Persib dan Persija bisa satu stadion," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.