Karier Robben, dari Berambut sampai Botak dan Legenda Tanpa Trofi

Kompas.com - 11/10/2017, 19:43 WIB
Pemain sayap timnas Belanda, Arjen Robben (11), mencetak gol penalti ke gawang Swedia pada babak pertama partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa di Amsterdam Arena, Rabu (11/10/2017). EMMANUEL DUNAND/AFPPemain sayap timnas Belanda, Arjen Robben (11), mencetak gol penalti ke gawang Swedia pada babak pertama partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa di Amsterdam Arena, Rabu (11/10/2017).
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Kegagalan timnas Belanda lolos ke Piala Dunia 2018 sekaligus menjadi garis finis karier Arjen Robben bersama skuad Oranje. Dia mengakhiri kiprahnya bersama pasukan Oranye yang sudah dibela sejak 2003.

Timnas Belanda cuma finis di peringkat ketiga Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa, yang membuat mereka gagal meraih tiket ke Rusia. Robben langsung memutuskan pensiun membela negaranya setelah berseragam timnas senior.

Sayap ofensif berusia 33 tahun ini menutup kiprah dengan 37 gol dalam 96 caps. Rekor yang dibuat Robben ialah kolektor penampilan terbanyak ke-9 di timnas Belanda dan pencetak gol terbanyak ke-4.

Dalam kurun 14 tahun memperkuat timnas Belanda, berikut transformasi sang legenda Negeri Tulip.

1. Piala Eropa 2004

Arjen Robben melakoni debut di timnas senior pada laga uji coba melawan Portugal, April 2003. Ketika itu, dia masih berusia 19 tahun. Turnamen besar pertamanya ialah Piala Eropa 2004 di Portugal.

Pelatih Dick Advocaat memanggil Robben bersama pemain muda lain yang mencuat kala itu, seperti Wesley Sneijder dan Johnny Heitinga. Uniknya, Robben menutup karier juga saat Belanda ditangani Advocaat.

Pada ajang ini, Robben yang masih berambut agak lebat membantu Oranje ke semifinal.

2. Piala Dunia 2006

Ekspresi Arjen Robben setelah mencetak gol untuk timnas Belanda ke gawang Serbia & Montenegro di partai Piala Dunia 2006 di Leipzig, 11 Juni 2006.ODD ANDERSEN/AFP Ekspresi Arjen Robben setelah mencetak gol untuk timnas Belanda ke gawang Serbia & Montenegro di partai Piala Dunia 2006 di Leipzig, 11 Juni 2006.

Jerman 2006 menjadi debut Arjen Robben dalam ajang Piala Dunia. Start Robben cemerlang dengan mencetak gol kemenangan Belanda atas Serbia & Montenegro pada fase grup.

Halaman:


Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X