Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umuh Dukung Bobotoh Galang Dana untuk Bayar Denda soal "Save Rohingya"

Kompas.com - 14/09/2017, 18:53 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, mendukung upaya galang dana yang dilakukan bobotoh menyikapi sanksi berikut denda dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI terkait pembuatan koreografi "Save Rohingya".

"Saya akan membantu (bobotoh) mengumpulkan dana," kata Umuh saat ditemui wartawan di Jalan Riau, Bandung, Kamis (14/9/2017).

Umuh pun kecewa atas sikap reaktif PSSI terkait pemberian denda sebesar Rp 50 juta. Menurut dia, aksi yang dilakukan bobotoh tak membawa embel-embel politik.

Bobotoh, kata Umuh, hanya menyampaikan pesan solidaritas untuk etnis Rohingya.

Baca juga: Aksi Koreografi Suporter Persib Berujung Sanksi dari Komdis PSSI

"Mereka kan hanya mengingatkan, memberi simpati dan solidaritas kepada rakyat Rohingya. Tidak ada itu pesan politik," ucap Umuh.

Bobotoh saat membuat konfigurasi Save Rohingya pada saat Persib menjamu Semen Padang, Sabtu (9/9/2017). Atas aksi tersebut, Komisi Disiplin PSSI mengganjar denda Rp 50 juta lantaran dianggap melanggar aturan.KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Bobotoh saat membuat konfigurasi Save Rohingya pada saat Persib menjamu Semen Padang, Sabtu (9/9/2017). Atas aksi tersebut, Komisi Disiplin PSSI mengganjar denda Rp 50 juta lantaran dianggap melanggar aturan.
Umuh mengatakan, keputusan PSSI tak sejalan dengan sikap Pemerintah Indonesia yang tengah masif memberikan dukungan moril dan materiil terhadap masyarakat Rohingya.

"Kenapa sampai didenda? Itu ada pesan politik tidak? Ini murni pesan kemanusiaan. Pemerintah saja memperhatikan Rohingya, tetapi ini seperti tidak mendukung," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com