Kompas.com - 08/09/2017, 08:30 WIB
Para pemain timnas U-19 merayakan gol Egy Maulana ke gawang Myanmar pada pertandingan Piala AFF U-18 2017, Selasa (5/9/2017). Dok. PSSIPara pemain timnas U-19 merayakan gol Egy Maulana ke gawang Myanmar pada pertandingan Piala AFF U-18 2017, Selasa (5/9/2017).
|
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Kemenangan telak Timnas U-19 Indonesia atas Filipina di Piala AFF U-18 lebih dari sekadar pesta gol. Dalam laga kedua penyisihan Grup B Piala AFF U-18 di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Kamis (7/9/2017) malam WIB, pasukan Indra Sjafri pesta gol dengan kemenangan 9-0.

Setidaknya, Timnas U-19 Indonesia mengukir dua gol setelah mereguk kemenangan fantastis itu. Rekor pertama yang ditorehkan Garuda Nusantara itu adalah menjadi tim pertama yang menang dengan skor terbesar dan tanpa kebobolan dalam ajang tersebut.

Sebelumnya, rekor kemenangan dengan gol terbanyak itu dipegang Vietnam. Mereka melibas Brunei Darussalam dengan skor 8-1 di Stadion Thuwunna, Yangon, Kamis (7/9/2017), yang dimulai pukul 15.30 WIB.

Rekor kedua yang ditorehkan Garuda Nusantara adalah menguasai daftar top scorer. Urutan pertama pencetak gol terbanyak Piala AFF U-18 untuk sementara dipegang Egy Maulana Vikri dengan jumlah empat gol.

Urutan kedua top scorer digenggam Feby Eka Putra dengan jumlah tiga gol. Nama Feby Eka Putra langsung menempati urutan tersebut setelah membuat hat-trick ke gawang Filipina.

Dua pemain lain yang mencetak tiga gol adalah Fayyadh Razak dari Malaysia dan Daniel Mustaffa dari Singapura.

Di urutan ketiga top scorer yang mencetak dua gol juga ada pemain Indonesia, yakni Muhammad Iqbal.

Timnas U-19 Indonesia kini memimpin klasemen Grup B dengan nilai enam dari dua kemenangan. Jumlah gol yang dicetak menjadi 11 dan kebobolan satu kali saat melawan Myanmar.

Vietnam berada di posisi kedua dengan nilai tiga dari satu laga. Berikutnya, Garuda Nusantara akan menghadapi laga sengit kontra Vietnam.

Duel dua tim tersubur itu digelar pada Senin (11/9/2017) pukul 15.30 WIB di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar.   

TOP SCORER SEMENTARA PIALA AFF U-18

4 Gol:
Egy Maulana Vikri (Indonesia)

3 Gol:
Feby Eka Putra (Indonesia)
Fayyadh Razak (Malaysia)
Danial Mustaffa (Singapura)

2 Gol:
Muhammad Iqbal (Indonesia)
Muhammad Rashid (Malaysia)
Yuthpichai Lertlum (Thailand)
Le Xuan Tu (Vietnam)
Khac Khiem (Vietnam)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X