Kompas.com - 06/09/2017, 07:52 WIB
Penjaga gawang sekaligus kapten Italia, Gianluigi Buffon (kanan), berbicara dengan pelatih Giampiero Ventura usai pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Israel di Reggio Emilia, 5 September 2017.
Vincenzo PINTO/AFPPenjaga gawang sekaligus kapten Italia, Gianluigi Buffon (kanan), berbicara dengan pelatih Giampiero Ventura usai pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Israel di Reggio Emilia, 5 September 2017.
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Kemenangan 1-0 yang diraih secara susah payah oleh tim nasional Italia atas Israel di Stadion Mapei, Selasa (5/9/2017) atau Rabu dini hari WIB, sudah cukup membuat pelatih Gianpiero Ventura bahagia. Baginya, yang terpenting Azzurri bisa mendulang tiga poin.

Dalam pertandingan Grup G babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 itu, Italia menang berkat gol semata wayang hasil tandukan Ciro Immobile pada menit ke-53.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia, Italia Menang Susah Payah atas Israel

Menjamu Israel yang memiliki kualitas setingkat di bawah Italia dan datang dengan bekal tiga kekalahan secara berturut-turut sebelum laga bergulir membuat tuan rumah diprediksi bisa menang besar.

Namun, Italia yang kembali menggunakan skema 4-2-4 terapan Ventura justru kesulitan untuk mencetak gol. Bahkan, beberapa kali kiper Gianluigi Buffon harus jatuh bangun demi menyelamatkan gawangnya dari ancaman Israel.

Meski demikian, Ventura mengaku senang dengan kemenangan tipis ini. Pelatih berusia 69 tahun itu bahkan mengaku performa Gli Azzurri sudah mengalami perbaikan.

Baca Juga: Italia Kalah Telak, Ventura Akui Spanyol Tampil Lebih Baik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sudah jelas bahwa prioritas kami adalah hasil, tetapi saya cukup senang. Bisa terus bermain di daerah pertahanan lawan selama 80 menit itu tidak mudah untuk dilakukan," kata Ventura kepada Rai Sport.

"Kami tampil lamban pada babak pertama, tetapi tim dapat mengembalikan kecepatan dan terus mengirimkan bola ke dalam kotak penalti lawan secara intens. Masih banyak hal yang perlu dibenahi, tetapi saya puas bagaimana tim bermain," ucapnya.

Hasil ini juga membuat Italia hanya membutuhkan tambahan satu poin lagi dari dua laga sisa kontra Makedonia (6/10/2017) dan Albania (9/10/2017) demi memastikan satu tempat di babak play-off. Saat ini Italia mengumpulkan 19 poin, unggul enam atas Albania di urutan ketiga dan terpaut tiga dari Spanyol di puncak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.