Kalahkan Australia, Jepang Ikut Jejak Brasil dan Iran ke Piala Dunia 2018

Kompas.com - 31/08/2017, 22:18 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Timnas Jepang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Kemenangan 2-0 atas Australia pada laga penyisihan Grup B Zona Asia di Stadion Saitama, Kamis (31/8/2017), membuat Samurai Biru tak tergoyahkan.

Dua gol kemenangan Jepang diciptakan oleh Takuma Asano pada menit ke-41 dan Yosuke Ideguchi pada menit ke-81. Tambahan tiga poin ini membuat Jepang berada di puncak klasemen sementara dengan raihan 20 poin, unggul empat atas Arab Saudi dan Australia.

Baca Juga: Ikuti Jejak Brasil, Iran Lolos ke Piala Dunia 2018

Lantaran penyisihan ini menyisakan satu pertandingan, poin Jepang tak mungkin dikejar oleh dua rival terdekatnya tersebut. Hasil ini juga sekaligus membuat Arab Saudi dan Australia harus meraih kemenangan pada laga pamungkas 5 September nanti untuk meraih satu tiket tersisa menuju Rusia.

Peringkat pertama dan kedua secara otomatis menuju putaran final. Sementara itu tim peringkat ketiga harus berjuang lagi melalui kualifikasi untuk mengais asa ke Rusia.

Baca Juga: Brasil Jadi Negara Pertama yang Lolos ke Piala Dunia 2018

Bagi Jepang, keberhasilan ini menjadi yang kelima secara berturut-turut tampil pada putaran final Piala Dunia 2018. Negeri Matahari Terbit ini untuk pertama kalinya ikut Piala Dunia pada tahun 1998 di Perancis.

Dengan demikian, Jepang menyusul dua tim lainnya yang sudah memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2018, yakni Brasil dan Iran. Brasil lebih dulu lolos setelah memuncaki klasemen zona Amerika Selatan dengan poin 33 karena tidak mungkin terkejar oleh Argentina di posisi kelima dengan 22 poin.

Sedangkan Iran lolos setelah menjadi pemuncak klasemen kualifikasi Piala Dunia Zona Asia Grup A dengan 20 poin. Poin mereka juga tak mungkin terkejar oleh Korea Selatan di peringkat kedua yang mengumpulkan 13 poin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.