Cerita Suasana di Ruang Ganti Setelah Indonesia Dikalahkan Malaysia

Kompas.com - 31/08/2017, 14:14 WIB
Para pemain timnas Indonesia membalas dukungan suporter seusai laga perebutan medali perunggu versus Myanmar, Selasa (29/8/2017). BolaSport.com/Estu SantosoPara pemain timnas Indonesia membalas dukungan suporter seusai laga perebutan medali perunggu versus Myanmar, Selasa (29/8/2017).
|
EditorEris Eka Jaya

KOMPAS.com - Manajer timnas U-22 Indonesia, Endri Erawan, mengungkapkan suasana ruang ganti yang terjadi setelah Evan Dimas dkk dikalahkan Malaysia dengan skor 0-1 dalam laga semifinal SEA Games 2017 yang berlangsung di Stadion Shah Alam, Selangor, Sabtu (26/8/2017). 

Endri mengatakan, semua pemain timnas U-22 menangis, baik yang bermain maupun tidak.

Semua pemain timnas U-22 merasakan kekecewaan gagal melaju ke final untuk mendapatkan medali emas seperti target dari PSSI.

Padahal, selama 90 menit pertandingan, timnas U-22 lebih dominan melancarkan serangan ketimbang Malaysia yang berhasil memanfaatkan satu peluang emas.

"Sedih, banyak yang menangis juga, terutama pemain yang enggak main juga menangis, seperti Marinus Wanewar," kata Endri.

Endri juga menambahkan, pada saat semua pemain tertunduk lesu dan seakan tidak menerima hasil kekalahan itu, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Edy Rahmayadi, datang ke ruang ganti pemain selepas pertandingan.

Di dalam sana, Gavin Kwan dkk mendengar ucapan semangat yang dilontarkan oleh Edy.

Endri mengatakan, Edy Rahmayadi tidak marah dengan hasil yang didapatkan oleh timnas U-22.

Edy meminta agar skuad Garuda Muda bisa segera bangkit untuk menyambut pertandingan tersisa melawan Myanmar dalam perebutan medali perunggu.

"Pak Edy tidak marah, malah dia membangkitkan semangat dan bilang seperti ini, 'kamu jangan sampai menangis di lapangan. Kalau kamu menangis, berarti kamu kalah dua kali.' Itu pesan Ketum," kata Endri.

"Kamu harus bangkit karena masih ada pertandingan perunggu. Itu salah satu motivasi dari Ketum, tidak menyalahkan mereka dan mengerti tentang sepak bola," kata Endri.

Ucapan semangat yang dilontarkan Edy menjadi pemacu bangkitnya tim Merah Putih untuk melawan Myanmar.

Hasilnya, timnas U-22 menang dengan skor 3-1 saat menghadapi Myanmar dalam perebutan medali perunggu di Stadion MPS Selayang, Selangor, Malaysia, Selasa (29/8/2017).



Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X