Kompas.com - 26/08/2017, 13:06 WIB
Ousmane Dembele merayakan gol Perancis ke gawang Inggris pada partai uji coba di Stade de France, Selasa (13/6/2017). FRANCK FIFE/AFPOusmane Dembele merayakan gol Perancis ke gawang Inggris pada partai uji coba di Stade de France, Selasa (13/6/2017).
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - FC Barcelona mengumumkan perekrutan Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund, Jumat (25/8/2017). Sosok asal Perancis itu meneken kontrak jangka panjang hingga 30 Juni 2022.

Barcelona juga menetapkan klausul pelepasan Dembele seharga 400 juta euro (sekitar Rp 6,365 triliun). Adapun untuk harga pembelian pemain berusia 20 tahun itu mencapai 105 juta euro (setara Rp 1,66 triliun) ditambah bonus.

Baca Juga: Rekrut Dembele, Barcelona Pecahkan Rekor Transfer

Harga tersebut menyamai harga Paul Pogba saat ditransfer dari Juventus ke Manchester United setahun lalu. Dengan demikian, Pogba dan Dembela untuk saat ini menyandang status pemain termahal Perancis sepanjang masa.

Di urutan lima besar pemain termahal Perancis, selain dua nama tersebut, ada Lilian Thuram, Zinedine Zidane dan Nicolas Anelka. Nama terakhir menjadi nomor urut kelima saat direkrut Real Madrid dari Arsenal senilai 35 juta euro pada musim 1999-2000, ketika usianya baru 20 tahun.

Lilian Thuram ada di urutan empat dengan nilai transfer 41,5 juta euro yang direkrut dari AC Parma ke Juventus pada musim 2001-2002. Sementara itu pelatih Real Madrid saat ini, Zinedine Zidane, menempati posisi ketiga daftar pemain termahal Perancis saat dibeli Real Madrid dengan harga 73,5 juta euro dari Juventus pada musim panas 2001.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.