Kompas.com - 25/08/2017, 10:22 WIB
Cuplikan Harian Kompas pada November 1977 yang menampilkan duel antara Indonesia dan Malaysia. Dok. Harian KompasCuplikan Harian Kompas pada November 1977 yang menampilkan duel antara Indonesia dan Malaysia.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Berbicara soal SEA Games, tim nasional Malaysia tak bisa dipisahkan dengan kiprah timnas Indonesia. Hal itu bermula dari debut timnas Indonesia di SEA Games yang terjadi pada 1977 di Kuala Lumpur. 

Malaysia merupakan negara pertama yang dihadapi Indonesia dalam cabang sepak bola SEA Games, tepatnya pada 1977 di Kuala Lumpur.

Eloknya, Malaysia yang berstatus juara Piala Raja di Bangkok, ditekuk Iswadi Idris dkk dengan skor 2-1.

Dua gol kemenangan timnas dicetak oleh Iswadi dan Hadi Ismanto, yang hanya bisa dibalas Malaysia lewat Abdah Alif.

(BACA JUGA: Jadwal Semifinal SEA Games, Indonesia Vs Malaysia Main Sabtu Malam)

Kemenangan itu pun langsung disambut suka cita oleh para pemain timnas dan masyarakat Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya bilang apa di Jakarta," kata Acub Zainal, Ketua Bidang Pembinaan Kesebelasan Nasional, sambil mengacungkan tinjunya, dilansir dari Harian Kompas, Selasa (22/11/1977).

Indonesia pun melangkah sebagai juara Grup A dengan koleksi lima poin dari tiga pertandingan - poin kemenangan masih bernilai dua, unggul satu angka atas Malaysia.

Akan tetapi, Indonesia gagal melangkah ke final karena pada semifinal terlibat kericuhan dengan pemain Thailand saat skor imbang 1-1 hingga menit ke-60, Jumat (25/11/1977).

Berdasar berita Harian Kompas pada 26 November 1977, para pemain Indonesia saat itu marah dengan keputusan wasit yang tampak berat sebelah ke Thailand.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X