Jelang Indonesia Vs Kamboja, Jangan Menambah Beban Timnas

Kompas.com - 23/08/2017, 18:15 WIB
Gelandang timnas U-22 Indonesia, Hanif Sjahbandi (dua dari kiri) bersama pemain skuat Garuda Muda lainnya menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum laga kontra Vietnam pada partai keempat Grup B SEA Games 2017 di Stadion MP Selayang, Selangor, 22 Agustus 2017 BolaSport.com/Ferry SetiawanGelandang timnas U-22 Indonesia, Hanif Sjahbandi (dua dari kiri) bersama pemain skuat Garuda Muda lainnya menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum laga kontra Vietnam pada partai keempat Grup B SEA Games 2017 di Stadion MP Selayang, Selangor, 22 Agustus 2017
|
EditorEris Eka Jaya

KOMPAS.com - Tim nasional U-22 Indonesia diminta untuk tidak terbebani oleh target mencetak gol banyak saat melawan Kamboja pada pertandingan terakhir Grup B SEA Games 2017 di Stadion Shah Alam, Kamis (24/8/2017).

Indonesia tertahan di peringkat ketiga Grup B dengan delapan poin, tertinggal dua angka dari Vietnam dan Thailand. Namun, dua negara terakhir itu akan saling berhadapan pada laga pamungkas.

Andai pada laga Vietnam vs Thailand salah satu tim meraih kemenangan, Hansamu cs cukup menang dengan skor berapa pun melawan Kamboja yang selalu kalah dari empat laga sebelumnya.

Lain halnya jika Vietnam vs Thailand bermain imbang. Lantaran yang diukur pertama adalah produktivitas, Indonesia harus menang dengan skor minimal selisih tiga gol untuk lolos ke semifinal.

Atep menyatakan bahwa target mencetak banyak gol bisa menjadi bumerang buat timnas.

"Menurut saya, jangan tergantung tim harus cetak berapa gol ke gawang Kamboja. Tim harus main normal seperti biasa," kata kapten Persib Bandung, Atep, kepada BolaSport.com, Rabu (23/8/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau tim harus cetak banyak gol, ini justru akan menambah beban buat tim. Yang terpenting adalah tim bisa meraih kemenangan melawan Kamboja," tuturnya menambahkan.

Beban memang akan berada di kubu Indonesia karena dituntut untuk menang, sementara Kamboja akan bermain tanpa beban setelah sudah tersingkir dari ajang SEA Games.

"Yang harus diantisipasi adalah Kamboja akan bermain tanpa beban," kata Atep.

Atep mengharapkan Indonesia harus fokus memenangi pertandingan besok. Tidak perlu pula memikirkan hasil pertandingan antara Vietnam dan Thailand.

"Sangat berisiko kalau Thailand dan Vietnam mencari aman dengan bermain imbang. Jadi, menurut saya, mereka akan bermain normal dan sama-sama mencari kemenangan," ujarnya.

 

Berikut peluang Timnas U-22 Indonesia untuk bisa lolos ke semifinal SEA Games 2017. #TimnasIndonesia #SEAGames2017

A post shared by BolaSport.com (@bolasportcom) on Aug 23, 2017 at 1:54am PDT

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.