Indonesia Vs Vietnam Tanpa Gol, Pelatih Lawan Puji Pertahanan Timnas

Kompas.com - 23/08/2017, 05:26 WIB
Pertandingan SEA Games 2017 antara Indonesia dan Vietnam di Selayang berakhir imbang tanpa gol, Selas (22/8/2017). BolaSport.com/Ferry SetiawanPertandingan SEA Games 2017 antara Indonesia dan Vietnam di Selayang berakhir imbang tanpa gol, Selas (22/8/2017).
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Pelatih tim nasional (timnas) Vietnam, Nguyen Huu Thang, mengapresiasi perjuangan timnya pada laga keempat Grup B SEA Games 2017. Bermain dengan 10 pemain dalam 30 menit terakhir pertandingan, Indonesia menahan Vietnam 0-0. 

Pada laga tersebut, Hanif Sjahbandi mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-62. Hal ini membuat timnas digempur habis-habisan oleh Vietnam. 

Vietnam pun dapat melepas hingga 13 tembakan sementara anak asuh Luis Milla hanya dapat mencatatkan 6. Jumlah tembakan tepat sasaran pun berbeda jauh dengan Vietnam punya lima berbanding satu dari timnas, yang dicatatkan oleh Septian David Maulana.

"Indonesia menampilkan pertahanan yang bagus selama pertandingan. Pemain Indonsia agresif dan tangguh dalam menjaga pergerakan pemain kami," kata pelatih Vietnam, Nguyen Huu Thang, Selasa (22/8/2017).

Salah satu keberhasilan terbesar Hansamu Yama dan kawan-kawan adalah mematikan pergerakan striker Vietnam, Nguyen Cong Phuong.

Nguyen Cong Phuong merupakan pencetak gol terbanyak Vietnam di SEA Games 2017 dengan koleksi empat gol. Artinya, pemain bernomor punggung 10 ini mengemas sepertiga dari total gol Vietnam di sepanjang turnamen.

Baca Juga: Man City Vs Everton - Wayne Rooney Persembahkan Gol untuk Manchester United

Nguyen Cong Phuong selalu berkontribusi dalam tiga partai sebelumnya menghadapi Timor Leste (1 gol), Kamboja (2 gol, 1 assist), dan Filipina (1 gol, 1 assist).

Ketika melawan Timor Leste, dia memamerkan kemampuan dalam menggempur (6 tembakan tepat sasaran), mengalirkan bola (86 persen operan sukses), dan bertahan (100 persen tekel sukses).

Lalu, Nguyen Cong Phuong unjuk gigi kapasitasnya dalam duel udara (100 persen sukses) dan dribel (71 persen sukses) saat menghadapi Kamboja.

Kemudian, dia tetap konsisten tampil apik di partai vs Filipina melalui kelihaian dalam distribusi bola (84 persen operan sukses) dan duel udara (100 persen sukses).

Namun, keahlian Nguyen Cong Phuong bak hilang ditelan bumi saat meladeni Indonesia. Torehan keberhasilan dia dalam duel udara dan tekel stabil di angka 0 persen.

Baca Juga: 7 Kelalaian Malaysia di SEA Games 2017, Nomor 4 Polisi Tega Permainkan Kiper Putri!

Enam upaya umpan silang dia juga cuma satu kali menemui rekan setim (16 persen sukses). Statistik yang agak lumayan dari Nguyen Cong Phuong cuma dalam operan (66 persen sukses) dan dribel (40 persen sukses).

Bahkan, untuk seorang ujung tombak garang, dia sekadar bisa melepaskan satu tembakan tepat sasaran. Skuad Garuda Muda benar-benar membikin Nguyen Cong Phuong seperti bocah yang baru belajar bermain bola. (Septian Tambunan) 

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X