Selamat Hari Pramuka! Ada Hubungan Erat Sepak Bola dan Pramuka

Kompas.com - 14/08/2017, 12:12 WIB
Robert Baden-Powell atau kemudian dikenal sebagai Lord Baden-Powell merupakan pencetus gerakan pramuka pada 1907. Dok. AFPRobert Baden-Powell atau kemudian dikenal sebagai Lord Baden-Powell merupakan pencetus gerakan pramuka pada 1907.
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Di Indonesia, Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Tanggal tersebut dipilih berdasarkan hari terbit Keputusan Presiden tentang Penganugerahan Panji kepada Gerakan Pendidikan Kepanduan Praja Muda Karana.

Pramuka atau dulu istilahnya pandu masuk terlambat ke Indonesia. Sebab, pergerakan tersebut sudah ada di dunia sejak sebelum Perang Dunia I.  

Sejarah kepramukaan di dunia tak lepas dari Robert Baden-Powell, pria asal Inggris yang begitu peduli dengan pembinaan remaja di Inggris pada awal abad ke-20.

Pramuka atau dikenal dengan Scout Movement pertama kali berdiri pada 1907 oleh Baden-Powell yang saat itu berpangkat letnan jenderal di Ketentaraan Inggris.

Laiknya orang Inggris, Powell merupakan penggemar sepak bola yang lahir pada 1857 atau enam tahun sebelum Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) dibentuk.

Pada 1870, Baden-Powell masuk sekolah menengah Charterhouse School, sekolah yang lekat dengan pembentukan FA beberapa tahun sebelumnya.

Pada 1976, Baden-Powell masuk di Charterhouse School XI untuk posisi penjaga gawang.

Berdasar majalah sekolah, The Carthusian, Baden-Powell merupakan sosok penjaga gawang yang sangat kalem.

Sayangnya, Baden-Powell tak kesampaian mendapatkan gelar bersama sekolahnya.

Lima tahun berselang, tepatnya pada 1881, Old Carthusians - tim yang terbentuk dari mantan siswa Charterhouse School - meraih gelar Piala FA.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X