Federico Bernardeschi, Roberto Baggio, dan Para "Yudas" di Juventus

Kompas.com - 25/07/2017, 07:47 WIB
Federico Bernardeschi tiba di Turin untuk melakukan tes medis, Senin (25/7/2017). JUVENTUSFederico Bernardeschi tiba di Turin untuk melakukan tes medis, Senin (25/7/2017).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Musim panas 1990 menjadi momen menyakitkan buat penduduk Firenze, domisili Fiorentina.

Mereka mendapatkan kabar bahwa manajemen melepas Roberto Baggio ke Juventus. Nilai delapan 7,75 juta euro (kini setara Rp 120,1 miliar) mengantarkan Baggio jadi pemain termahal dunia saat itu.

Transfer seperti Baggio tergolong langka. Sebab, kali terakhir Juventus merekrut pemain dari Fiorentina pada 1937.

Terasa lebih menyakitkan karena Juventus berstatus sebagai rival. Gara-gara tim asal Turin itu pula, Fiorentina gagal menjuarai Piala UEFA (sekarang Liga Europa) pada Mei tahun yang sama.

Menumpahkan rasa kecewa, para buruh di Firenze melakukan mogok masal. Bendera Juventus dibakar. Akses menuju Turin ditutup.

Seiring dengan serangkaian aksi tersebut, predikat pujaan buat Baggio meluntur. Dia lebih dikenal sebagai pengkhianat buat publik Firenze.

Hampir tiga dekade berselang, Federico Bernardeschi mengambil langkah serupa. Dia menyeberang ke Turin dengan biaya 40 juta euro.

Tak pelak, media-media Italia mengumandangkan pertautan antara Bernardeschi dengan Baggio. Label "Yudas" juga mulai melekat dalam diri pemain sayap berusia 23 tahun itu.

Namun, Alberto sebagai ayah sang pemain, memiliki dalih terkait keputusan anaknya. Bernardeschi dianggap memilih pindah demi pengembangan karier.

"Seperti Baggio, anak saya akan bermain buat Juventus. Ini merupakan impian buat setiap pemain yang memiliki ambisi," ujar Alberto.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X