Dua Stadion di Bekasi Jadi Tempat "Test Event" Asian Games 2018

Kompas.com - 19/07/2017, 17:01 WIB
Stadion Patriot di Bekasi telah diresmikan pada 10 Maret 2014. KOMPAS.COM/OKKY HERMAN DILAGAStadion Patriot di Bekasi telah diresmikan pada 10 Maret 2014.
|
EditorAloysius Gonsaga AE

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir menyatakan bahwa dua stadion di Bekasi, Jawa Barat akan menjadi tempat test event untuk cabang olahraga sepak bola.

Test event akan digelar pada 10-24 Februari mendatang. Ajang itu bakal mempertandingkan 10 cabang olahraga dan bertujuan mengukur kesiapan Indonesia menyelenggarakan Asian Games 2018.

Menurut Erick, atas saran Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), test event untuk cabang olahraga sepak bola akan diselenggarakan di dua stadion yang terletak di Bekasi.

"Waktu itu, Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha diperkenalkan kepada kami. Dia menyarankan test event digelar di Stadion Patriot Chandrabhaga dan Wibawa Mukti," ujar Erick saat ditemui awak media, Selasa (18/7/2017).

Erick menyatakan, kedua stadion itu dipilih karena kondisinya masih layak sehingga tak perlu ada anggaran untuk renovasi.

Baca: SUGBK Tak Akan Digunakan untuk Cabang Sepak Bola Asian Games 2018

"Gubernur Jawa Barat (Ahmad Heryawan) melaporkan bahwa stadion lain di Jawa Barat perlu direnovasi. Kalau renovasi kan harus ada kesepakatan antara pemerintah daerah dan pusat. Sementara itu, kita tahu kondisi keuangan negara seperti apa, jadi harus efisien," tutur dia.

"PSSI kemudian memberikan solusi yang baik. Mereka menyarankan INASGOC untuk memakai tempat yang tidak perlu direnovasi. Akhirnya diusulkan Patriot dan Wibawa Mukti," tutur Erick.

Stadion Patriot Chandrabhaga terletak di Kota Bekasi dan memiliki kapasitas 30.000 penonton. Kandang dari Persipasi Bekasi ini kali pertama dibangun pada 1980 dan direnovasi pada 2012.

Baca: "Test Event" Asian Games 2018 Dimulai pada 10-24 Februari

Adapun Stadion Wibawa Mukti berada di kawasan Cikarang, Kabupaten Bekasi. Tempat berkapasitas 40.000 penonton ini baru diresmikan pada 2016.

Test event cabang olahraga sepak bola hanya akan diikuti tujuh negara peserta. Hal sama juga berlaku pada cabang olahraga bola basket dan bola voli.

Sementara itu, tujuh cabang olahraga lain, yaitu atletik, panahan, bulu tangkis, tinju, pencak silat, taekwondo, dan angkat besi, bakal melibatkan sembilan negara peserta.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X