Hakan Calhanoglu Jadi Pemain Turki Kedua di AC Milan

Kompas.com - 04/07/2017, 09:44 WIB
PATRIK STOLLARZ/AFP Hakan Calhanoglu merayakan gol Bayer Leverkusen ke gawang Hertha Berlin pada partai Bundesliga 1 - kasta pertama Liga Jerman - di BayArena, 22 Januari 2017.

MILAN, KOMPAS.com - Gelandang serang asal Turkin,  Hakan Calhanoglu (23), resmi menjadi anggota anyar AC Milan pada Senin (3/7/2017). Dia meneken kontrak berdurasi empat tahun untuk I Rossoneri (Merah-Hitam).

AC Milan mengeluarkan biaya 20 juta euro (Rp 303,8 miliar), plus 4 juta euro dalam bentuk bonus guna memindahkan Hakan Calhanoglu dari Bayer Leverkusen.

"Saya ingin berterima kasih kepada fan. Tentu saja bergabung dengan Milan adalah kesempatan besar bagi saya. Tiga tahun di Leverkusen sangat emosional," ucap Calhanoglu di markas tim, Casa Milan.

"Saya melihat para pendukung mencintai saya, jadi saya ingin memberikan yang terbaik untuk klub dan orang-orang di sini. Kini saya akan memulai lembaran baru dalam karier saya," ujarnya.

Baca juga:  Jerman Mustahil Juara Piala Dunia 2018?

Pakar tendangan bebas itu kini resmi menjadi pemain kedua asal Turki yang membela Milan. Calhanoglu mengikuti jejak Umit Davala, yang berseragam Rossoneri pada 2001-2002.

Di luar pemain, Turki juga sempat mewakilkan Fatih Terim di kursi pelatih Milan pada 2001.

Kehadiran Calhanoglu semakin menegaskan manuver agresif Milan di bursa transfer musim panas ini.

Kinerja duet Direktur Massimo Mirabelli dan Marco Fassone menghasilkan bubuhan tanda tangan Mateo Musacchio (dari Villarreal), Franck Kessie (Atalanta), Ricardo Rodriguez (Wolfsburg), Andre Silva (Porto), Fabio Borini (Sunderland), dan kini Calhanoglu.

Segera Andrea Conti (Atalanta) bakal menyusul ke Casa Milan. Untuk keenam pemain yang disebut lebih awal, Rossoneri mengucurkan dana lebih dari 100 juta euro hanya sampai tiga hari pertama Juli.

Calhanoglu bakal menjadi sumber gol alternatif yang menggiurkan di lini kedua Milan. Dia terkenal sebagai eksekutor tendangan bebas jempolan.

Pemuda kelahiran Jerman itu mencetak 11 gol dari situasi free-kick sejak 2013-2014.

Jumlah tersebut merupakan gol terbanyak dari tendangan bebas di lima kompetisi top Eropa, melewati Lionel Messi (FC Barcelona; 10 gol) serta Miralem Pjanic (Juventus dan AS Roma; 10 gol) pada kurun waktu yang sama.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorJalu Wisnu Wirajati
SumberJUARA
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X