Kompas.com - 02/07/2017, 07:07 WIB
Gelandang Cile, Arturo Vidal (kiri), berduel dengan gelandang Jerman, Emre Can, pada laga Grup B Piala Konfederasi 2017 di Stadion Kazan Arena, Kazan, Kamis (22/6/2017) atau Jumat dini hari WIB. AFP/YURI CORTEZGelandang Cile, Arturo Vidal (kiri), berduel dengan gelandang Jerman, Emre Can, pada laga Grup B Piala Konfederasi 2017 di Stadion Kazan Arena, Kazan, Kamis (22/6/2017) atau Jumat dini hari WIB.
EditorJalu Wisnu Wirajati

SAINT PETERSBURG, KOMPAS.com - Cile dan Jerman akan bertarung pada laga final Piala Konfederasi 2017 pada Minggu (2/7/2017) atau Senin dini hari WIB.

Kedua tim sama-sama ingin mencetak sejarah, yakni untuk kali pertama menjadi pemenang pada turnamen juara antar-konfederasi di bawah naungan FIFA.

Prestasi terbaik Jerman adalah ketika menempati peringkat ketiga pada 2005 ketika berstatus tuan rumah.

Menjadi juara pada Piala Konfederasi 2017 akan menjadi suntikan moral bagi Der Panzer - julukan timnas Jerman - yang tampil di turnamen kali ini dengan mayoritas pemain muda dan minim pengalaman di turnamen besar.

Baca juga: Loew: Cile Lawan Terkuat Jerman

Adapun Cile, langsung melangkah ke partai puncak pada keikutsertaan pertamanya. Mereka pun berkesempatan untuk meraih gelar juara tiga tahun berturut-turut dalam turnamen antar-negara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alexis Sanchez dkk datang ke Piala Konfederasi dengan status juara Amerika Selatan. Mereka menjadi juara Copa America 2015 dan Copa America Centerio pada 2016.

Tim mana yang akhirnya bisa menorehkan sejarah?

Berikut ini adalah fakta pertandingan final Piala Konfederasi 2017 antara Cile dan Jerman di Krestovsky Stadium:

 

Jadwal siaran langsung: Senin, 3 Juli 2017, RTV, 00.30 WIB

 

Statistik jelang pertandingan

  • Ini adalah pertemuan pertama antara Cile dan Jerman di final sebuah turnamen.
  • Kedua tim sudah dua kali bertemu dengan Jerman mengoleksi satu kemenangan plus sekali berbagi hasil imbang. Pada laga persahabatan, Maret 2014, Jerman menang tipis 1-0 atas berkat gol Mario Goetze.
  • Duel terakhir kedua tim terjadi pada fase Grup B dengan hasil imbang 1-1. Gol cepat Alexis Sanchez bisa dibalas Lars Stindl.
  • Empat gol Cile yang terjadi di Piala Konfederasi 2017 dicetak oleh empat pemain berbeda. Mereka adalah Martin Rodriguez, Alexis Sanchez, Eduardo Vargas, dan Arturo Vidal.
  • Leon Goretzka dan Timo Werner menjadi pencetak gol terbanyak sementara Piala Konfederasi 2017 dengan torehan tiga gol. Lars Stindl menyumbang dua gol dalam perjalanan Jerman ke final.

Baca juga: "Deja Vu" Bravo dan Ronaldo perihal Adu Penalti

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X