Giliran Di Maria Terkena Tudingan Penggelapan Pajak

Kompas.com - 22/06/2017, 06:05 WIB
Angel Di Maria menjalani sesi latihan bersama tim nasional Argentina di Boston, 15 Juni 2016. NELSON ALMEIDA/AFPAngel Di Maria menjalani sesi latihan bersama tim nasional Argentina di Boston, 15 Juni 2016.
EditorJalu Wisnu Wirajati

MADRID, KOMPAS.com - Kasus penggelapan pajak terhadap pemain dan mantan sosok penting di Real Madrid terus belanjut. Kali ini, tudingan tersebut menerpa Angel Di Maria.

Di Maria yang kini memperkuat Paris Saint-Germain pernah memperkuat Real Madrid antara 2010 dan 2014. Dalam periode tersebut, pemain tim nasional Argentina itu didera dua tuntutan terkait hak citra.

Pemain berusia 29 tahun itu dianggap alpa membayar pajak terkait hak citra kepada Pemerintah Spanyol pada 2012-2013 senilai 1,3 juta euro atau sekitar Rp 19,3 miliar.

Dilansir dari BBC, kasus hukum terhadap Di Maria tampaknya bakal segera rampung. Mantan pemain Manchester United itu telah setuju membayar dua juta euro untuk penyelesaian kasus pajaknya di Spanyol.

Baca juga: Setelah Ronaldo, Kini Mourinho Pun Dituduh Gelapkan Pajak

Dua tuntutan terhadapnya bisa membuat Di Maria dihukum penjara delapan bulan jika terbukti bersalah. Hanya, Hukum di Spanyol memperbolehkan terdakwa mengganti periode hukuman di bawah dua tahun dengan kerja sosial.

Hal itu pernah dilakukan Javier Mascherano. Pada 2016, dia sempat didakwa satu tahun penjara tetapi tak perlu mendekam di bui.

Kasus pajak terkat hak citra terus disasar Pemerintah Spanyol kepada sejumlah nama besar. Sebelum Di Maria, Jose Mourinho terkena kasus serupa.

Pelatih Real Madrid antara 2010 dan 2013 itu dianggap telah menggelapkan pajak sebesar 3,3 juta euro pada 2011-2012. Mourinho melalui pengacaranya telah membantah tudingan ini.

Baca juga: Klub Gurem Ini Siap Bayar Ronaldo dengan Bir Gratis Seumur Hidup

Nilai terbesar soal pajak hak citra menimpa Cristiano Ronaldo. Megabintang Real Madrid itu dianggap telah menggelapkan pajak sebesar 14,7 juta euro selama 2011-2014.

Tudingan ini tampaknya membuat Ronaldo kesal. Kapten timnas Portugal itu dirumorkan ingin pergi dari Real Madrid lantaran kasus tersebut.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X