Kompas.com - 18/06/2017, 08:08 WIB
|
EditorJalu Wisnu Wirajati


KAZAN, KOMPAS.com - Tim nasional Portugal yakin bahwa konsentrasi Cristiano Ronaldo tidak akan terganggu di Piala Konfederasi 2017 meskipun sedang diterpa isu akan pergi dari Real Madrid.

Keyakinan tersebut disampaikan oleh pelatih Fernando Santos dan sejumlah rekan Ronaldo di timnas jelang laga pertama kontra Meksiko yang dijadwalkan akan dimainkan di Kazan, Minggu (18/6/2017).

"Tidak ada yang berubah. Cristiano sepenuhnya fokus untuk membantu tim kami. Dia fokus menyelesaikan pekerjaannya di sini dan menganganggap turnamen ini penting," kata kiper Rui Patricio, sehari jelang pertandingan.

Baca juga: Tiga Kandidat Pengganti Ronaldo

Ronaldo tampak berlatih normal dengan rekan -rekannya di sesi latihan terakhir tim pada hari Sabtu.

Penyerang berusia 32 tersebut terlihat tersenyum dan tertawa dengan rekan setim. Tak ada raut suntuk di wajah Ronaldo meskipun sedang menjadi sorotan media.

"Cara dia bekerja dan bermain adalah contoh bagi kami. Dia 100 persen fokus pada turnamen ini dan dia akan membantu kami," tutur Patricio.

Beberapa waktu lalu, kejaksaan Spanyol menganggap Ronaldo  melakukan penggelapan pajak senilai 14,7 juta euro (sekitar Rp 218,379 miliar) dari pendapatan hak citra antara 2011 dan 2014. Setelah itu, Ronaldo dikabarkan tidak ingin lagi bermain di Liga Spanyol.

Kabar tersebut membuat Ronaldo dikait-kaitkan dengan sejumlah klub seperti Paris Saint-Germain dan Manchester United yang berniat meminangnya.

"Saya memiliki sebuah perjanjian dengan para pemain. Kami berusaha menyingkirkan masalah pribadi dari timnas. Semua isu ini tidak akan memengaruhi kami," tutur Santos.

Ronaldo sebetulnya pada tahun lalu telah memperpanjang kontraknya di Madrid hingga Juni 2021. Saat itu, dia berencana ingin mengakhiri kariernya di Santiago Bernabeu.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber VOA/AFP/AP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.