Kompas.com - 13/06/2017, 16:19 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Bek Inggris, John Stones, bakal bermain sebagai gelandang. Manajer tim nasional Inggris, Gareth Southgate, memberikan indikasi tersebut dalam rencana perjalanan timnya menuju putaran final Piala Dunia 2018.

Stones tidak bermain ketika Inggris bermain imbang 2-2 melawan Skotlandia dalam pertandingan kualifikasi Grup F, Sabtu 10/6/2017). Tetapi pemain Manchester City ini berpeluang tampil ketika Inggris melakoni uji coba melawan Prancis, Selasa (13/6).

Southgate, yang sudah menggunakan tenaga pemain 23 tahun tersebut sebagai gelandang dalam latihan, mengatakan bahwa Stone memiliki segala atribut dan kemampuan untuk bermain sebagai gelandang lapangan tengah.

"Saya pikir kami memerlukan para bek yang bisa membawa bola keluar dan menunjukkan ketenangan. Saya pikir dia bisa melakukan salah satu dari pekerjaan itu," ujar mantan pelatih timnas U-21 Inggris tersebut, yang juga bermain sebagai bek tengah dan gelandang, bagi Inggris.

"Anda menanyakan kepadaku jika dia merupakan opsi (di lini tengah), maka saya pikir iya. Dia adalah pemain yang sangat nyaman dengan penguasaan bola."

Musim pertama Stone di Man City tak berlangsung mulus. Setelah dibeli dari Everton seharga 47,5 juta poundsterling (sekitar Rp 802,162 miliar) pada musim panas lalu, dia tak bisa menyelesaikan musim 2016-2017 karena cedera otot.

Stones tak masuk skuat dalam pertandingan di Hamden Park karena Southgate memilih untuk menduetkan bek Chelsea, Gary Cahill, dengan pemain Manchester United, Chris Smalling. Menurut Southgate, Stones sudah tidak bermain selama tujuh pekan dan mengalami cedera.

"Cahill sudah bermain pada final Piala FA, Smalling di final Liga Europa. Itu yang mendasari keputusanku," ujar Southgate.

"Namun John memiliki potensi yang sangat besar. Dia akan menjadi pemain yang lebih baik untuk pengalamannya di City pada tahun ini. Bertahan adalah skill yang anda pelajari dan dia akan banyak belajar dengan pelatih Pep Guardiola yang meminta banyak kepadanya dengan bola."


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC Sport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.