Kompas.com - 12/06/2017, 04:00 WIB
Selebrasi David Silva saat Spanyol berhasil mencetak gol ke gawang Makedonia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 di Skopje, Minggu (11/6/2017). AFP/ROBERT ATANASOVSKISelebrasi David Silva saat Spanyol berhasil mencetak gol ke gawang Makedonia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 di Skopje, Minggu (11/6/2017).
EditorJalu Wisnu Wirajati

SKOPJE, KOMPAS.com - Spanyol masih kokoh memimpin klasemen Grup G kualifikasi Piala Dunia 2018 setelah menang tipis 2-1 atas Makedonia di Philip II Arena, Minggu (11/6/2017) atau Senin dini hari WIB. Mereka unggul selisih gol atas Italia. 

Dua gol yang memberikan kemenangan bagi Spanyol masing-masing dicetak David Silva (15') dan Diego Costa (27'). Adapun gol balasan tuan rumah dibukukan Stefan Ristovski (66').

Kemenangan ini membuat Spanyol tetap berada di puncak klasemen sementara Grup G dengan kemasan 16 poin, unggul selisih gol atas Italia yang berada di peringkat kedua. Di tempat berbeda Italia juga mampu menuai kemenangan telak 4-0 atas Liechtenstein. 

Baca juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia, Italia Menang Telak atas Liechtenstein

Pada partai ini tim besutan Julen Lopetegui mampu mendominasi jalannya pertandingan sejak menit awal walau tampil sebagai tim tamu. Kendati demikian, dalam 10 menit pertama tidak ada ancaman berarti yang bisa dibuat kedua kesebelasan.

Peluang bagus pertama tercipta pada menit ke-15 dan langsung berujung terciptanya gol yang membuat Spanyol unggul 1-0.

Gol tersebut dicetak David Silva saat melepas tembakan dari dalam kotak penalti Makedonia seusai menerima umpan Jordi Alba.

Lesakan itu membuat Silva kini menempati urutan keempat dalam jajaran pencetak gol terbanyak dalam buku sejarah Spanyol dengan 30 gol. Jumlah tersebut melewati rekor gol pendahulunya, Fernando Hierro dengan 29 gol.

Spanyol sukses menggandakan keunggulan menjadi 2-0 saat laga memasuki menit ke-27. Gol ini diciptakan Diego Costa dengan memanfaatkan umpan dari Isco.

Sebelum babak pertama berakhir, Spanyol kembali mendapatkan dua peluang jitu pada menit ke-34 dan ke-45 yang diciptakan Isco, tetapi gagal berujung gol. 

Pada paruh kedua terjadi peningkatan tensi permainan. Mulai menit ke-50 hingga menit ke-58 setidaknya terjadi 12 pelanggaran. Namun, kedua tim sama-sama kesulitan menciptakan peluang bagus hingga menit ke-65.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.