Kompas.com - 11/06/2017, 07:07 WIB
Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, bereaksi dalam pertandingan pertama semifinal Liga Champions melawan AS Monaco di  Stade Louis II Stadium pada 3 Mei 2017. FRANCK FIFE / AFPKiper Juventus, Gianluigi Buffon, bereaksi dalam pertandingan pertama semifinal Liga Champions melawan AS Monaco di Stade Louis II Stadium pada 3 Mei 2017.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Penjaga gawang sekaligus kapten Juventus, Gianluigi Buffon, mengungkapkan preferensi karier ketika dirinya harus gantung sepatu kelak.

Kiper berusia 39 tahun itu mengaku enggan beralih peran menjadi pelatih klub. Sebab, pekerjaan tersebut dianggap sangat menguras pikiran.

"Namun, saya mungkin bisa menjadi pelatih tim nasional karena level stresnya lebih rendah dibandingkan pekerjaan harian," kata Buffon.

"Satu yang pasti, saya akan mengambil waktu istirahat saat pensiun nanti. Saya sudah menjalani karier begitu panjang," ucap dia.

Baca: Selebrasi Keberagaman ala Bali United Terdengar hingga Amerika Serikat

Besar kemungkinan, musim 2017-2018 menjadi periode terakhir Buffon berkarier sebagai pemain. Kontraknya bersama Juventus bakal kedaluwarsa pada tahun depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun terkait tim nasional (timnas) Italia, dia telah mendeklarasikan bakal mundur setelah Piala Dunia 2018 di Rusia.

"Saya tidaklah abadi. Ini bisa menjadi tahun terakhir saya. Jadi, saya ingin merasakan pengalaman sebagai protagonis," ujar Buffon.

Lakon protagonis mungkin bisa diambil Buffon apabila Italia menjuarai Piala Dunia dan Juventus meraih gelar Liga Champions.

"Si Kuping Besar" menjadi satu dari sedikit alpa dalam curriculum vitae Buffon. Dia membawa Juventus ke final sebanyak tiga kali, tetapi selalu berujung medali runner-up.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.