Final Liga Champions, Kepakan di Sisi Kanan Juventus

Kompas.com - 03/06/2017, 08:28 WIB
Dani Alves mencetak gol Juventus ke gawang Cagliari pada partai lanjutan Serie A - kasta pertama Liga Italia - di Stadion Juventus, 21 September 2016. MARCO BERTORELLO/AFPDani Alves mencetak gol Juventus ke gawang Cagliari pada partai lanjutan Serie A - kasta pertama Liga Italia - di Stadion Juventus, 21 September 2016.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Duel menarik bakal terjadi di area sayap ketika Juventus melawan Real Madrid pada partai final Liga Champions di Stadion Millenium, Cardiff, Sabtu (3/6/2017).

Di sisi kanan, Juventus memiliki Daniel Alves yang memiliki peran vital baik ketika membendung serangan maupun mendistribusikan bola ke depan.

Pemain asal Brasil itu bakal menjalani bentrokan dengan kompatriotnya yang mengawal sisi kiri pertahanan Real Madrid, Marcelo.

"Mereka adalah pemain terbaik dunia di masing-masing posisi," ucap eks kapten Brasil, Cafu, yang mengaku sulit memilih siapa yang unggul di antara keduanya.

Menjawab dilema Cafu, statistik mungkin bisa menjadi acuan. Alves terlihat superior dalam aspek ini. Dia tampil tajam dengan membukukan tiga gol dan empat assist dalam 911 menit penampilan di Liga Champions.

Bandingkan dengan Marcelo yang cuma mencatatkan dua assist tanpa gol bermodalkan durasi penampilan serupa.

Baca juga: Persembahan Ezra Walian untuk Almarhum Ibunya

Keunggulan Alves turut terpapar dari kuantitas umpan silang. Dia mengalirkan bola secara horizontal rata-rata dua kali per laga. Adapun Marcelo cuma membukukan catatan 0,9 setiap partai.

Rapor tersebut bisa menjadi "lampu kuning" buat Real Madrid. Sebab, dari area Marcelo pula, kebanyakan ancaman tim beralias Los Blancos berasal.

Lonjakan tekanan yang diterima Marcelo bisa jadi mengebiri kontribusinya dalam menopang Cristiano Ronaldo ketika menyerang.

"Pertahanan terbaik adalah menyerang, menyerang, dan menyerang," kata Cafu.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X