Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aprilia Manganang dan Harapannya untuk Timnas Voli

Kompas.com - 03/06/2017, 07:42 WIB
Nugyasa Laksamana,
Pipit Puspita Rini

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Setelah menjuarai Proliga 2017 bersama Jakarta Elektrik PLN, Aprilia Manganang kini memasang target bersama tim nasional bola voli putri Indonesia.

Perempuan kelahiran 27 April 1992 itu mengaku ingin mengangkat prestasi Indonesia di kancah SEA Games 2017 yang akan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, 19-30 Agustus mendatang.

"Saya sangat optimistis. Apalagi saya sudah membawa Elektrik juara Proliga tiga tahun beruntun, lantas kenapa timnas enggak bisa?" kata Aprilia kepada KOMPAS.com, di Padepokan Voli, Sentul, Kabupaten Bogor, Kamis (1/6/2017).

"Saya berharap setidaknya ranking indonesia bisa lebih baik. Untuk SEA Games 2017, saya ingin kami minimal mencapai runner-up," kata pemain asal Sulawesi Utara itu melanjutkan.

Menurut Aprilia, timnas voli putri punya peluang untuk meraih medali emas. Namun, prestasi itu bisa dicapai jika para pemain menjalani proses latihan dengan baik.

Terkait peta kekuatan voli di tingkat Asia Tenggara, Aprilia mengakui bahwa Thailand merupakan tim terkuat. Selain itu, Vietnam juga tak bisa dipandang remeh.

"Thailand itu timnya kompak. Tim mereka sudah terbentuk sejak lama, sedangkan kami baru dikumpulkan setelah Proliga 2017," tutur Aprilia.

Para pemain timnas voli putri Indonesia sedang menjalani latihan di Padepokan Voli, Sentul, Kabupaten Bogor, Kamis (1/6/2017).KOMPAS.COM/ANDREAS LUKAS ALTOBELLI Para pemain timnas voli putri Indonesia sedang menjalani latihan di Padepokan Voli, Sentul, Kabupaten Bogor, Kamis (1/6/2017).

"Akan tetapi, kembali lagi, namanya juga tim. Intinya kami harus kompak dan bekerja keras. Target sementara sih kalahkan Vietnam dulu," ucap dia.

Pada SEA Games 2015 di Singapura, tim voli putri Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Filipina, dan Malaysia.

Kala itu, Indonesia hanya sanggup meraih medali perunggu. Sementara itu, medali emas didapatkan oleh Thailand, dan Vietnam merengkuh perak.

"Melihat kondisi timnas sekarang, saya optimistis sekali. Materi pemain kami sudah lumayan bagus," ujar Aprilia.

"Saya yakin para pemain juga akan bersikap profesional dan bertanggung jawab dengan tugasnya. Jadi, sejauh ini tidak ada masalah. Tinggal nanti bagaimana kami mengikuti arahan pelatih," tutur dia.

Saat ini, tim voli putri ditangani oleh Risco Herlambang. Mantan libero nasional itu sedang fokus menggenjot fisik para pemain setelah berakhirnya Proliga 2017.

Sebelum berangkat ke Malaysia untuk SEA Games 2017, tim putri akan menjalani dua kali try out. Mereka akan mengikuti turnamen tingkat Asia di Vietnam, dan latih tanding di Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com