Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Final Liga Champions, Cristiano Ronaldo dan Ramalan Cardiff 2004

Kompas.com - 03/06/2017, 07:27 WIB
Anju Christian

Penulis

KOMPAS.com - "Performa luar biasa dari Cristiano Ronaldo. Dia berada di seluruh area, memeragakan kecepatan, tipu daya, dan sudah sepantasnya mencetak gol."

Kalimat tersebut merupakan deskripsi yang diberikan BBC untuk penampilan Ronaldo pada final Piala FA 2004.

Dalam laga yang digelar di Stadion Millenium, Cardiff, Manchester United menang 3-0 atas Millwall. Nistelrooy mengambil predikat protagonis utama dengan sumbangan dua gol.

Hanya, berkat Ronaldo, tim beralias Setan Merah membuka skor dan melebarkan jalan ke podium juara. Sosok asal Portugal itu juga dianggap memberikan aksi olah bola menawan sekaligus memorak-perandakan pertahanan Millwall.

Atas dasar itu, BBC memberikan rapor sembilan dari skala sepuluh buat Ronaldo. Dia mengungguli Nistelrooy dan Giggs yang masing-masing mendapatkan nilai delapan.

Perhitungan tersebut terkonfirmasi secara verbal melalui pujian Manajer Sir Alex Ferguson dan salah satu pemain senior, Gary Neville.

"Ronaldo luar biasa. Kami harus menjaga dia di jalur yang benar agar menjadi pesepak bola hebat," ucap Ferguson.

Adapun Neville mengatakan, "Ryan Giggs dan Ruud van Nistelrooy memberikan kontribusi positif buat kami, tetapi Cristiano Ronaldo bermain fantastis. Dia bisa menjadi salah satu pesepak bola top dunia."

Ramalan Neville mendekati jitu. Sulit membantah Ronaldo sebagai salah satu pesepak bola terbaik, kalau tidak bisa disebut terbaik, saat ini.

Tiga gelar Liga Champions dan empat penghargaan Ballon d'Or menjadi bukti sahih atas kualitas pria kelahiran Maldeira 32 tahun itu. Hanya, alfa dari karier gemilang Ronaldo tetaplah Cardiff 2004.

Piala FA mempercantik musim pertamanya bersama Man United sekaligus menjadi gelar perdana sepanjang karier profesionalnya.

Baca juga: Melihat 405 Menit "Kemesraan" Buffon dan Ronaldo

Nostalgia

Kini, setelah 13 tahun berlalu, Ronaldo kembali bernostalgia dengan tempat di mana dirinya memenangi piala pertama.

Hanya, Ronaldo datang dengan sejumlah kebaruan. Seragamnya bukan lagi Man United, melainkan Real Madrid, yang akan melawan Juventus pada partai Liga Champions di Stadion Millenium, Sabtu (3/6/2017).

Dia pun bukan lagi pemain yang melulu menyisir sisi lapangan dan menggiring bola secara intens. Ronaldo mengambil lakon nomor sembilan berkat ketajaman dan menimbang kecepatannya yang mulai digerus usia.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com