Kompas.com - 02/06/2017, 09:34 WIB
Francesco Totti membalas aplaus suporter di Stadion Olimpico jelang pertandingan antara AS Roma dan Genoa, Minggu (28/5/2017). AFP/VINCENZO PINTOFrancesco Totti membalas aplaus suporter di Stadion Olimpico jelang pertandingan antara AS Roma dan Genoa, Minggu (28/5/2017).
EditorJalu Wisnu Wirajati

NYON, KOMPAS.com - Francesco Totti yang pada akhir pekan lalu menjalani laga terakhirnya sebagai pemain AS Roma dan sepak bola, bakal mendapatkan penghargaan khusus dari UEFA. Dia pun akan sejajar dengan Paolo Maldini atau Johan Cruyff yang juga pernah meraihnya.

Totti mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola pada laga antara AS Roma dan Genoa di Stadion Olimpico, Minggu (28/5/2017). Dia pun mengucapkan salam perpisahan seusai laga.

Atas pengabdian dan loyalitas Totti, UEFA bakal memberikan penghargaan khusus. UEFA President Award akan diberikan Federasi Sepak Bola Eropa pada awal musim 2017-2018.

"UEFA President Award merupakan pengakuan atas pencapaian, profesionalisme, dan kualitas yang pantas dijadikan teladan," kata Presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

Baca juga: Hormati Totti, De Rossi Tunda Pengumuman Perpanjangan Kontrak

"Atribut-atribut itu terwakili oleh Francesco Totti, pemain yang menghabiskan seperempat abadnya hidupnya bagi AS Roma. Selamat Totti atas karier fantastis, loyalitas, dan dedikasimu untuk Roma dan sepak bola," tuturnya lagi.

Totti akan mengikuti jejak sejumlah legenda sepak bola dunia. Sebelumnya, ada Sir Bobby Robson, Johan Cruyff, Paolo Maldini, dan Gianni Rivera yang mendapatkan penghargaan khusus itu.

Penghargaan untuk Totti bakal diberikan pada Agustus mendatang. Biasanya, jelang Piala Super Eropa, UEFA akan menggelar gala dan memberikan sejumlah penghargaan kepada para insan sepak bola.

Berikut adalah daftar peraih UEFA President Award:
1998 - Jacques Delors (Perancis)
2000 - Guy Roux (Perancis)
2001 - Juan Santisteban (Spanyol)
2002 - Sir Bobby Robson (Inggris)
2003 - Paolo Maldini (Italia)
2004 - Ernie Walker (Skotlandia)
2005 - Frank Rijkaard (Belanda)
2006 - Wilfried Straub (Jerman)
2007 - ALfredo Di Stefano (Spanyol)
2008 - Sir Bobby Charlton (Inggris)
2009 - Eusebio (Portugal)
2010 - Raymond Kopa (Perancis)
2011 - Gianni Rivera (Italia)
2012 - Franz Beckenbauer (Jerman)
2013 - Johan Cruyff (Belanda)
2014 - Josef Masopust (Rep Ceko)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.